Sabtu 01 Aug 2015 16:07 WIB

Hari ini Lomba MTQMN XIV Digelar

Rep: c13/ Red: Damanhuri Zuhri
Universitas Indonesia
Foto: Republika/Aditya
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Universitas Indonesia (UI) bekerjasama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyatakan kesiapannya dalam rangka menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV.

Perlombaan nasional ini akan diselenggarakan 1 hingga 7 Agustus 2015 di Balairung Universitas Indonesia Kampus Depok, Jawa Barat. Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti menerangkan, pembukaan acara tersebut dimulai hari ini, Sabtu (1/8).

Menurut Rifelly, kegiatan MTQMN akan diselenggarakan pukul 19.00 hingga 20.30 WIB. “Acaranya akan bertempat di Balairung UI kampus Depok,” ungkap Rifelly melalui pesan tertulis, Sabtu (1/8).

Rifelly menjelaskan, sebanyak 1.863 mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi di Indonesia akan bersama-sama hadir pada upaca pembukaan MTQMN XIV ini. 

Menurutnya, UI akan berpartisipasi pada saluruh musabaqah yang dilombakan. Ia mengungkapkan, UI akan mengirimkan perwakilannya sebanyak 29 mahasiswa.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan serangkaian event lomba membaca, menghafal, men-syarah Alquran. Kegiatan ini berisi aneka ragam jenis perlombaan mengenai kandungan Al Qur’an.

Perlombaan MTQ telah ada di Indonesia sejak tahun 1940-an. Kegiatan ini bermula dengan ditandainya dengan kemunculan Jami’iyyatul Qurro wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama.

Pada MTQ kali ini akan terdapat 13 jenis musabaqah yang akan dilombakan. Misal,  perlombaan debat pengetahuan Alquran dalam bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Musabaqah tartilil Quran. Juga Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz serta Musabaqah Khaththil Quran.

Rifelly juga menyatakan, ada cabang lomba yang tergolong baru untuk diperlombakan tahun ini. Ia menyatakan, lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer akan mulai diterapkan pada perlombaan kali ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement