Sabtu 01 Aug 2015 08:37 WIB
Muktamar Muhammadiyah

Ribuan Orang Ramaikan Pawai Karnaval Muhammadiyah

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Didi Purwadi
Ribuan orang mengikuti karnaval guna menyambut penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/8).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Ribuan orang mengikuti karnaval guna menyambut penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menjelang Tanwir Muhammadiyah, ribuan penggembira melakukan karnaval. Mereka akan melakukan perjalanan karnaval mulai dari lapangan Sultan Hasanuddin dan akan berakhir di pantai Losari.

Dari pantauan Republika.co.id pada Sabtu (1/8), ribuan orang ini mulai melakukan karnaval sejak pukul 07.30 Wita. Masing-masing peserta karnaval dari setiap daerah berjalan dengan menggunakan berbagai pernak-pernik dan cara tersendiri. Mulai dari berjalan kaki dan mengenakan pakaian adat, meramaikan dengan marching band, menggunakan becak hingga berkendara dengan kendaraan roda empat.

Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, menyambut baik karnaval ini. Dia melihat banyak sekali partisipasi yang datang meramaikan pawai Ta'aruf ini. Baik dari lintas generasi dan berbagai kultural yang dipertontonkan.

"Inilah Muhammadiyah, mereka menyambut peserta Muktamar dari seantero nusantara," ujar Din Syamsudin, Sabtu (1/7).

Untuk itu dia sangat senang acara Muktamar Muhammadiyah ini bisa kembali ke Makassar setelah terakhir tahun 1971. Dengan etos kerja dan patriotisme yang dimiliki masyarakat Sulawesi Selatan, Din berharap acara dan hasil Muktamar bisa menghasilkan hal terbaik.

Setelah melakukan pawai karnaval, Din Syamsudin menuju dermaga COI dan menggunakan perahu menuju pantai Losari. Di pantai, Din langsung disambut 400 perahu nelayan untuk menemani Din ke anjungan pantai Losari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement