Sabtu 01 Aug 2015 03:20 WIB

Umat Islam Banten Gelar Kongres

Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat menutup acara Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI 2015 di  Yogyakarta, Rabu (11/2).   (Antara/Noveradika)
Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat menutup acara Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI 2015 di Yogyakarta, Rabu (11/2). (Antara/Noveradika)

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG – Umat Islam Banten akan menggelar kongres, dan dalam kegiatan itu berbagai permasalahan akan dibahas, mulai yang berkaitan dengan keagamaan, politik, sosial, budaya, ekonomi hingga pariwisata syari'ah.

"Kongres Umat Islam 2015 digelar di Pandeglang dan akan dibuka pada malam ini pukul 19.00 WIB," kata Ketua Pelaksana Kongres Umat Islam Banten 2015 KH Embay Mulya Syarief di Pandeglang, Jumat.

Dalam pembukaan nanti, kata dia, akan dihadiri Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Prof Dr H Din Syamsudin, Plt Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi dan Ketua Umum MUI Provinsi Banten Dr HM Romly.

Pada keesokan harinya, Sabtu (1/8), akan digelar pleno untuk membahas berbagai hal, seperti agama dengan tema membangun pemahaman Islam moderat sebagai upaya pencegahan radikalisme dengan narasumber Dr KH Ma'ruf Amin.

Terkait keagamaan, juga akan diplenokan peran ulama dalam mencegah perilaku korupsi oleh Irjen Pol (purn) Drs Taufiqurrohman Ruki. Selanjutnya, kata dia, pleno sosial politik dengan tema peran umat Islam Banten dalam pertahana dan keamanan negara dengan narasumber Pangdam III Siliwangi, dan peran umat Islam dalam pembinaan Kamtibmas oleh Kapolda Banten.

Selain itu, juga akan digelar pleno sosial ekonomi dengan tema potret ekonomi Banten: harapan, tantangan dan kenyataan oleh Seto Pranoto dari BI Perwakilan Banten, serta peluang dan tantangan pengembangan ekonomi syari'ah di Provinsi Banten oleh Dr H Muchlis Yusuf.

Bidang sosial budaya, ada tiga tema yang akan dibahas, yakni merawat jati diri dan kepribadian orang Banten di tengah arus budaya global dengan narasumber Prof Dr MA Tihami, peredaran dan pencegahan Narkoba di Provinsi Banten serta upaya pencegahan dan penanggulangannya oleh Kepala BNNP Banten Dr Heru Februanto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement