Jumat 31 Jul 2015 14:10 WIB

Presiden Erdogan Kagumi Masjid Istiqlal

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indah Wulandari
Recep Tayyip Erdogan beserta istri
Foto: [ist]
Recep Tayyip Erdogan beserta istri

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kagum terhadap kemegahan masjid Istiqlal, Jakarta. Siang ini, ia bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla melaksanakan shalat Jumat di masjid Istiqlal, Jakarta.

"Tentu, beliau mengagumi masjid ini besar," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, di masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (31/7).

Menurut Yuddy, dalam kesempatan ini Presiden Erdogan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan perbincangan santai. Presiden Erdogan beserta istrinya Emine Erdoğan pun selanjutnya akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada pukul 15.30 WIB hingga malam hari.

Meskipun saat menunaikan shalat Jumat Presiden Erdogan hanya didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan bukan Presiden Joko Widodo, Yuddy menilai hal itu wajar. Ia menjelaskan Presiden dan Wapres merupakan satu kesatuan kepemimpinan nasional.

"Yang namanya Wapres dan Presiden itu satu kesatuan kepemimpinan nasional, jadi kalau misalkan presiden sibuk dengan kesibukan yang lain, ya Wapres mendampingi, suatu hal yang biasa-biasa saja," terang Yuddy.

Dalam pertemuan di masjid Istiqlal, Yuddy juga menyebut kedua pemimpin negara belum melakukan pembahasan yang lebih spesifik.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenlu Armanatha Nasir mengatakan Presiden Turki tiba di Indonesia pada Kamis (30/7) malam.

Menurut dia, dalam pertemuan antara dua kepala negara itu akan membahas permasalahan ekonomi. Selain itu, kedua pemimpin juga akan membahas kerja sama antara Indonesia dan Turki dalam bidang sosial budaya.

Arrmanatha mengatakan, Turki merupakan mitra strategis Indonesia. Dalam perdagangan bilateral, nilai perdagangan antara Indonesia dan Turki pada 2014 mencapai hampir 2,5 miliar dolar AS.

Adapun produk-produk yang diekspor Indonesia ke Turki, antara lain karet alam, serat sintetis, kelapa sawit, sendal, dan sepatu. Sementara produk-produk yang diimpor Indonesia dari Turki, antara lain tepung terigu dan produk listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement