Jumat 31 Jul 2015 11:34 WIB
Muktamar NU

Jokowi akan Disambut Kemeriahan di Muktamar NU

Pemandangan dari atas alun-alun yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/7). Lokasi muktamar sekaligus rapat pleno NU 1-5 Agustus 2015 tersebut dapat menampung 5.000 peserta.
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Pemandangan dari atas alun-alun yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/7). Lokasi muktamar sekaligus rapat pleno NU 1-5 Agustus 2015 tersebut dapat menampung 5.000 peserta.

REPUBLIKA.CO.ID,JOMBANG -- Pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU), Sabtu (1/8) esok sekitar pukul 19.30 WIB akan menjamu Presiden RI Joko Widodo dengan sejumlah kemeriahan.

Mulai dari penampilan budayawan Madura hingga penampilan artis dari Amerika Serikat.

“Konsep pembukaan muktamar adalah memadukan konsep formal dan entertain,” kata koordinator kreatif acara muktamar Helmy M Noor dilansir dari muktamarnu.com, Jumat (31/7).

Ia menjelaskan bahwa formalitas diterapkan dalam rangkaian acara resmi pembukaan hingga sambutan serta pengarahan presiden. Sedangkan konsep hiburan menampilkan sejumlah acara seni yang mengedepankan nilai-nilai ke-NU-an.

Seperti saat pembukaan, akan ada penampilan orkestra dan paduan suara 1.000 pelajar dan santri dari empat pesantren tuan rumah muktamar, yakni santri dari Pesantren Tebuireng, Bahrul Ulum Tambakberas, Mambaul Ma’arif Denanyar serta Darul Ulum Peterongan.

Helmy yang alumnus Universitas Darul Ulum Jombang ini memastikan,  Raef, artis dari Amerika yang pernah duet dan satu label dengan penyanyi reliji Maher Zain akan tampil. Selain itu ada kolaborasi shalawat dan puisi D Zawawi Imron, budayawan asal Madura.

Mengingat animo warga NU menghadiri pembukaan Muktamar NU cukup besar, panitia juga menyiapkan empat venue berbeda namun semuanya terintegrasi.

“Venue pertama adalah dalam tenda dome full AC ukuran 60 x 70 untuk presiden, undangan dan peserta muktamar yang menampung 5.000 undangan,” kata pemilik Cita Entertainment Surabaya ini.

Venue kedua adalah alun-alun terbuka sisi utara dengan kapasitas 4000 orang. Venue ketiga adalah sepanjang Jalan Wahid Hasyim, Jombang, serta venue keempat yang ada di stadion Jombang.

“Untuk kenyamanan warga yang ingin menyaksikan pembukaan, panitia menyiapkan videotron ukuran raksasa sebanyak sembilan buah,” kata pria alumni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini.

Setelah pembukaan, agenda berikutnya adalah penampilan artis nasional Letto Band dan pesta kembang api di Stadion Jombang. Sedangkan venue alun-alun Jombang adalah sidang pleno dengan materi pembahasan tata tertib muktamar.

Selain itu, selama Muktamar 33 NU juga ada shalawat, pentas budaya dan hiburan yang berlangsung di Stadion Jombang. Yang akan tampil adalah Habib Syekh (31 Juli), Letto Band (1 Agustus), Ahmad Dhani dan Yus Yunus feat Ki Ageng Ganjur (2 Agustus), Fadli feat Ki Ageng Ganjur (3 Agustus), Rhoma Irama dan Soneta (4 Agustus), Evi Tamala dan Mel Shandy feat Ki Ageng Ganjur.

“Karena ada sidang komisi yang berlangsung di empat pondok, maka khusus di alun-alun Jombang ada penampilan artis Charly ST12 Band tanggal 3 Agustus,” jelas Helmy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement