Ahad 05 Jul 2015 15:21 WIB

Umat Islam di Nigeria Berlomba-Lomba Baca Alquran

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria
Foto: AP
Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- Keluarga Muslim di Nigeria berlomba-lomba untuk memotivasi anggotaya untuk giat membaca Alquran, terlebih dalam bulan Ramadhan ini. Tidak hanya memicu semangat untuk sekedar membaca, tetapi juga menjanjikan hadiah kepada siapa yang mampu menghafal ayat-ayat Alquran.

“Dalam keluarga saya, karena istri saya dan saya sendiri bekerja, kami menantang diri untuk melihat siapa yang membaca Al Qur'an lebih dari  sekali selama bulan suci," kata Hassan Abubakar seorang banker yang juga kepala keluarga dari seorang istri dan dua anak, dikutip dari Onislam, Ahad (5/7).

Ia menceritakan, tahun lalu, ia mengaku kalah dari istrinya yang mampu menamatkan bacaan Alquran sebanyak tiga kali selama Ramadhan, sementara dirinya hanya mampu membaca Alquran sekali.

Dalam Ramadhan tahun ini, Abubakar menyebut dirinya sudah menyelesaikan bacaan Alquran sebanyak satu kali. Ia berharap Ramadhan kali ini dapat membaca Alquran sebanyak tiga kali. selain mengejar jumlah bacaan, ia juga mencoba untuk memancing semangat kedua anak-anaknya untuk juga turut rajin melantunkan dan menghafal ayat-ayat suci Alquran.

“Saya sekarang juga membimbing kedua anak saya,” ujar Abubakar.

Begitu juga yang diterapkan di dalam keluarga Ibrahim Eshinlokun, seorang insinyur sipil di Nigeria. Dalam Ramadhan tahun ini Ibrahim menjanjikan sejumlah hadiah untuk anak-anaknya bila mampu menghapal ayat-ayat Alquran.

Ibrahim mengaku memiliki tiga orang anak yang terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan. Bila anak-anaknya berhasil menghapal sejumlah ayat Alquran, Ibrahim telah menjanjikan hadiah untuk berliburan ke suatu tempat yang bisa membuat anak-anaknya bisa senang.

Untuk menghapal ini, Ibrahim menargetkan kepada anak-anaknya untuk mampu menghapal sebanyak 10 sampai 20 surat-surat dalam Alquran.

"Saya tidak hanya menyuruh mereka untuk melakukan hal ini, saya juga ikut (menghapal), saya juga tidak mau kalah. Saya memiliki target untuk mereka agar mampu menghafal antara 10 dan 20 surah,’ ujar Ibrahim.

Febrian-C08

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement