Rabu 01 Jul 2015 05:49 WIB

Menag: FKUB Mampu Redam Masalah Kerukunan

Kerukunan antar Umat Beragama. (ilustrasi)
Foto: www.cathnewsindonesia.com
Kerukunan antar Umat Beragama. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat penting sebagai peredam masalah kerukunan di masyarakat, terutama potensi konflik yang selalu ada di setiap daerah.

"FKUB ini unik, satu-satunya organisasi yang merupakan kumpulan majelis agama yang cukup besar," kata Menag Lukman sebagaimana dikutip kemenag.go.id yang dipantau dari Jakarta, Selasa Malam.

Menurut Menag, FKUB merupakan organisasi khas cukup unik karena hanya ada di Indonesia. "Tidak melihat di negara lain ada, ini sesuatu yang khas, unik, kita perlu syukuri," kata Menag.

Kekuatan agama, kata Lukman, sangat dahsyat dan dapat menjadi konstruktif jika mampu mengamalkannya dengan baik. Namun agama bisa jadi faktor destruktif, menghancurkan peradaban seperti yang pernah terjadi di belahan dunia ini.

Sementara itu, Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Mubarok mengatakan, pihaknya sedang melangsungkan FKUB di Jakarta mulai 29 Juni-2 Juli 2015. "Kegiatan ini bertujuan mencari masukan dari wilayah terkait upaya pengembangan kerukunan umat beragama. Juga sebagai upaya pencegahan gejolak politik dalam rangka pemilihan umum kepala daerah," kata dia.

FKUB memiliki organisasi yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, kecuali Kalimantan Utara, dengan total 512 FKUB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement