Selasa 30 Jun 2015 03:06 WIB

Islam Masuk Indonesia dengan Damai

Salat berjamaah umat Islam di AS
Foto: VOA
Salat berjamaah umat Islam di AS

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Anggota Komisi III DPR RI Romahurmuziy menyatakan, Islam masuk ke Indonesia dengan cara damai, tanpa merusak tatanan budaya yang berkembang di negeri ini.

"Makanya, spektrum ke-Islam-an yang ada di Indonesia ini paling kaya diantara negara-negara lain yang ada di dunia," katanya saat menyampaikan orasi ilmiah dalam seminar Penguatan Kelembagaan dalam rangka Transformasi Kelembagaan STAIN menuju Institut Islam Negeri Madura di kampus STAIN Pamekasan, Senin (29/6)

Romy yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) versi Muktamar Surabaya itu mengaku dirinya pernah mengunjungi 48 negara Islam di dunia, namun warna Islam di Indonesia memang lebih beragam.

Adat istiadat yang berkembang antara satu daerah dengan daerah lain berbeda, sesuai dengan situasi dan kondisi daerah itu. Tradisi masyarakat Islam di Jawa berbeda dengan Kalimantan dan demikian juga dengan daerah yang lainnya.

Romy juga menjelaskan, Islam masuk ke di Indonesia dari negara beragam yakni India dan China. "Sunan Ampel ini kan dalam satu riwayat adalah orang China," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan Islam masuk ke Indonesia tanpa kekerasan. Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan, perkawinan, pendidikan, kesenian, tasawuf, dan politik.

"Karena melalui jalur yang berbeda inilah, penyebaran Islam di Indonesia ini, dengan cara damai, berbeda dengan ekspansi Islam di sejumlah negara lain," katanya.

Pada kesempatan itu, Romy juga menjelaskan tentang relasi antara Islam, politik dan demokrasi, serta perkembangan politik Islam dan partai politik yang berasaskan Islam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement