Kamis 28 May 2015 09:02 WIB

Pendeta AS: Lindungi Muslim dari Ancaman Kekerasan

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika (ilustrasi).
Foto: AP
Muslim Amerika (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YORK COUNTY -- Dua lusin pendeta Kristen di York County mengajak masyarakat menyerukan pesan perdamaian dan persaudaraan kepada umat Muslim.

"Kami merespon adanya ancaman baru-baru ini terhadap umat Islam di Amerika Serikat yang terungkap selama persidangan Robert Doggart," ujar Pendeta Sam McGregor dari Gereja Allison Creek Presbyterian dekat Danau Wylie, dilansir dari muslimvillage.com, Kamis (28/5).

Doggart, calon anggota kongres yang gagal dari Tennessee, mengaku bersalah bulan ini atas rencananya membunuh Muslim yang tinggal di komunitas keagamaan di New York. FBI mengungkap dan menghentikan rencana Doggart.

Rencana itu memicu ketakutan dari komunitas Muslim lain. Termasuk Holly Islamville, sebuah komunitas Muslim yang telah ada di York County selama hampir 30 tahun. Masyarakat setempat mengaku takut akan keselamatan mereka setelah mendengar rencana kekerasan Doggart di New York.

"Kita harus mengambil sikap," kata McGregor.

Dia dan 23 pemimpin agama di York County menyampaikan surat kepada The Herald, Jumat lalu. Mereka menyatakan menentang setiap tindakan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap siapa pun karena agama mereka.

Surat tersebut juga menyatakan, "Kristen yang menggunakan iman mereka sebagai dasar untuk membahayakan yang lain telah benar-benar salah paham akan arti ketuhanan Yesus Kristus."

Ketakutan, lanjut McGregor, telah mendorong banyak orang Kristen untuk meremehkan Muslim, menghindari interaksi dengan kelompok-kelompok agama lain, dan tidak bersikap terhadap kekerasan dan retorika penuh kebencian. Perilaku ini tidak sesuai dengan ajaran Yesus.

"Tuhan yang menciptakan saya sama dengan Tuhan yang menciptakan setiap manusia lain di muka bumi. Kita semua adalah saudara," kata McGregor.

Dia juga mengaku bangga dengan Sheriff York County, Bruce Bryant, yang baru-baru ini mengatakan wakilnya akan tetap waspada melindungi Islamville dengan cara yang sama seperti mereka akan melindungi setiap warga lainnya, terlepas dari keyakinan agama.

Para pendeta itu telah mengunjungi Islamville di York. Selama beberapa tahun terakhir, McGregor juga telah bertemu dengan para pemimpin Islamville dan berpartisipasi dalam acara bersama.

Mc Gregor menjelaskan, sikap permusuhan seringkali muncul karena ketidaktahuan mereka tentang Islam. Dialog adalah cara untuk saling memahami dan mengikis kecurigaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement