Senin 25 May 2015 17:21 WIB

Amal Usaha Perlu Dukungan Banyak Pihak

Rep: c71/ Red: Damanhuri Zuhri
Salah satu kegiatan santri di pondok pesantren.
Foto: Antara/Rudi Mulya/ca
Salah satu kegiatan santri di pondok pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amal usaha organisasi Islam perlu mendapat dukungan banyak pihak. Ini karena amal usaha perlu terus berkembang sehingga bisa menjadi salah satu alat pengembangan umat.

Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud berharap pemerintah bersama masyarakat mendukung upaya tersebut.

"Harapannya, amal usaha PBNU bisa berjalan dengan baik, mendapat dukungan dari warga NU dan juga pemerintah," ujar Marsudi kepada Republika, Senin (25/5).

Marsudi menilai perjalanan amal usaha berkembang merupakan hal yang wajar. Menurutnya, saat ini muncul tantangan-tantangan yang dihadapi usaha kecil untuk menjadi besar. "Ini perilaku biasa semua menghadapi hal ini," ujarnya.

Meski bersifat bisnis, amal usaha organisasi tetap perlu kembali kepada kepentingan umat. Ia mengatakan, PBNU memiliki amal usaha yang tetap berorientasi kepada pemberdayaan umat. "Alhamdulillah, kami (PBNU) saat ini memiliki pesantren, madrasah, rumah sakit, dan juga masjid," ujar Marsudi.

Marsudi merinci PBNU mengelola sebanyak 21.064 pesantren, 43.000 madrasah, dan 143 perguruan tinggi. PBNU juga mengelola 117 rumah sakit dan sekitar 800 ribu masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement