Rabu 29 Apr 2015 17:00 WIB

Festival Nasyid se-Jabar Digelar di MAN 1 Bogor

Salah satu grup nasyid unjuk kebolehan (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Salah satu grup nasyid unjuk kebolehan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Festival Nasyid dan Seni Islami (FENA and SIL) se-Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta 2015 akan digelar di Kampus Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad 17 Mei 2015 mendatang. Ketua Panitia Pelaksana, Ridwanudin, didampingi Sekretarisnya, Nur Kholid W, mengatakan kegiatan itu mengambil tema 'Syiarkan Islam Dalam Nuansa Seni'.

Ridwanudin menjelaskan lebih lanjut, kegiatan festival tersebut akan diikuti peserta dari berbagai kalangan pelajar, seperti pelajar umum sekitar, pelajar tingkat SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK sederajat. "Kegiatan itu sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan Islam kepada para pelajar, dan merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mewujudkan eksistensi pengenalan madrasyah," ucap dia di Bogor, Rabu (29/4).

Program yang juga mengacu pada PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional tersebut, juga sebagai upaya dalam menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat Islami, dan sudah merupakan program kerja MAN 1 serta OSIS MAN 1 Kota Bogor.

Festival bertujuan untuk Mensyiarkan Agama Islam yang indah sempurna dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai spiritual dan sosial. Sasaran kegiatan adalah untuk pelajar tingkat SMP/MTs 50 persen, pelajar tingkat SMA/MA/SMK 30 persen, guru 15 persen, dan masyarakat sekitar lima persen.

Festival dipusatkan di Kampus MAN 1 Kota Bogor, Jawa Barat, Jl. Dr Sumeru, Komp. Bumi Menteng Asri, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tentang target yang ingin dicapai dari kegiatan itu, Ridwanudin menjelaskan lebih lanjut, untuk peserta sebanyak 965 orang, juri 30 orang, panitia 100 orang, dan tamu undangan sebanyak 50 orang, dengan total seluruhnya sekitar 1.145 orang.

Sedangkan bentuk kegiatannya, untuk Festival Nasyid akan dilakukan dalam bentuk perlombaan yang diikuti oleh para pelajar SMP/MTs dan SMA/MA sederajat se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kemudian untuk Seni Islami, berupa Marawis berupa Lomba Marawis yang akan diikuti oleh para pesera pelajar SMP/MTs dan SMA/MA sederajat se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Lalu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), berupa Lomba MTQ, serta lomba Kaligrafi, Cerdas Cermat Islam, Da'i, Tahfidz, Puisi Islam, dan lomba Adzan, yang semuanya akan diikuti oleh pelajar SMP/MTs dan SMA/MA sederajat juga se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement