Selasa 28 Apr 2015 04:00 WIB

6 Kebiasaan Pembangun Rohani di Bulan Rajab

Rep: c 31/ Red: Indah Wulandari
Perhitungan bulan Rajab.
Foto: Republika/Agung Supriyanto/c
Perhitungan bulan Rajab.

REPUBLIKA.CO.ID,Bulan Rajab biasanya dimanfaatkan untuk membangun mental umat Muslim jelang bulan Ramadhan. Untuk mengembangkan kebiasaan rohani yang produktif, ada beberapa kebiasaan yang harus dibangun dilansir oleh onislam.net.

1.  Lakukan doa sunnah sebelum dan atau setelah salat

Sempatkanlah untuk berdoa sunnah  sebelum dan atau setelah salat. Jika sudah terbiasa, maka tidak akan lengkap tanpa melakukan tindakan ini.

2. Mengingat Allah setelah shalat

Lakukan lima sampai tujuh menit untuk memohon kepada Allah. Masukkan dalam kebiasaan sehari-hari setelah berdoa untuk memperkaya pengalaman ibadah.

3.Mengingat Allah di setiap pagi atau malam

Mengingat Allah di setiap pagi atau malam dapat menghilangkan stress, menjadi penguat energi, dan merasa diberkati

4.  Shalat malam

Selama bulan Ramadhan kita dapat menjalankan salat tarawih. Di luar itu, ada banyak kesempatan untuk mendapat pahala dengan salat malam.

Cobalah berjamah setiap malam di masjid, atau terus salat tahajud selama 30 hari. Hal itu akan menjadi permulaan untuk mendapatkan pijakan yang lebih baik

5.   Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah rahasia seorang muslim agar harinya berjalan produktif. Shalat Dhuha yang dilakukan dua rakaat bisa dilakukan setelah matahari terbit sampai sebelum matahari mencapai puncaknya (sekitar 20 menit sebelum Dhuhur).

6. Berdoa Sebelum Tidur

Luangkan waktu selama 10 menit untuk berdoa sebelum tidur   Hal tersebut membuat tidur menjadi lelap dan bangun dengan mudah di pagi hari.7.  Membaca Alquran satu jam setiap hari

Bacalah Alquran setiap satu jam. Tidak hanya dibaca, tapi disertai dengan memahaminya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement