Sabtu 25 Apr 2015 16:55 WIB

Forum Perdamaian Komunitas Muslim Sosialisasikan Toleransi Islam

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Sikap penuh toleransi terhadap agama lain merupakan hal esensial dalam kehidupan.
Foto: dok Republika
Sikap penuh toleransi terhadap agama lain merupakan hal esensial dalam kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Forum Perdamaian Komunitas Muslim akan dilaksanakan mulai 26 April mendatang di Abu Dhabi.

"Forum ini dibentuk untuk memberikan pemahaman kepada umat manusia kalau Islam agama yang toleran, penuh kasih, dan sabar," kata Presiden Forum Perdamaian Komunitas Muslim Syeikh Abdullah bin Bayyah dari Mauritania seperti dilansir onislam.net, Jumat (24/4).

Maka, sosialisasi nilai-nilai perdamaian tadi pun digencarkan ke semua kalangan. Mulai dari para pengusaha, ahli teknologi, dan para artis.

Para cendekiawan yang hadir juga akan mengikuti workshop untuk mempromosikan perdamaian dan membangun perlindungan melawan ideologi ekstremis, sektarian, dan terorisme. Sebab semua ideologi tersebut telah membuat umat Muslim di dunia menderita akhir-akhir ini.

Forum tahunan yang dilakukan tahun lalu, dihadiri lebih dari 250 pemikir dari dunia Muslim. Tahun lalu membahas isu kemanusiaan, meluruskan konsep yang salah, soal fatwa,  juga kontribusi  Islam dalam perdamaian dunia.

Hasil dari forum tahun lalu adalah kunjungan forum ke Senegal, Mauritania, Maroko untuk bertemu dengan pemerintah, LSM, dan para pemimpin agama. Ini dilakukan untuk menghentikan kekerasan dan konflik di Afrika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement