Rabu 22 Apr 2015 09:16 WIB

Inilah Tanaman Campuran Minuman Penghuni Surga Nanti

jahe
Foto: corbis
jahe

REPUBLIKA.CO.ID, Tak ada kesepakatan dari manakah tanaman jahe berasal. Sebagian berpendapat jahe berasal dari India, ada pula yang percaya tanaman dengan julukan Zingiber officinale Rosc ini berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan.

Penyebaran jahe dari India termasuk komoditas rempah yang diminati ketika itu, hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, dan Timur Tengah. Tanaman ini populer pada masa kolonialisme karena efek rasa hangat dan pedas yang dihasilkan dari tanaman ini. Tanaman ini pun dengan cepat populer di Eropa.

Ternyata, jahe adalah tanaman obat dan berkhasiat yang diabadikan Alquran. Jahe merupakan tanaman yang akan dijadikan campuran minuman para penghuni surga kelak. Ini seperti termaktub dalam surah al-Insan ayat 17. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”

Ada banyak manfaat jahe bagi kesehatan. Di antaranya Jahe berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh, memberikan efek kehangatan, penangkal masuk angin dan lainnya. Aroma dan rasanya yang khas bahkan juga kerap dijadikan sebagai pelengkap masakan. Tak heran, seperti diungkap oleh Abu Nu’aim dalam ath-Thibb an-Nabawi, Rasulullah SAW sangat suka ketika mendapatkan hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement