Jumat 03 Apr 2015 21:40 WIB

Kemenag Ajak Masyarakat Shalat Gerhana Bulan

Rep: C09/ Red: Djibril Muhammad
 Narasumber Planetarium Cecep Nurhendaya memaparkan mengenai proses terjadinya Gerhana Bulan di Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu (8/10).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Narasumber Planetarium Cecep Nurhendaya memaparkan mengenai proses terjadinya Gerhana Bulan di Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu (8/10). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Negara (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam mengajak umat Islam untuk melakukan shalat sunnah gerhana (shalat khusuf) secara berjamaah. 

Anjuran tersebut sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan (sunnah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

"Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah, dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya," ujar Dirjem Bimas Islam, Machasin, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (3/4).

Berdasarkan data astronomis, pada Sabtu, 4 April 2015, bertepatan dengan 14 Jumadil Akhir 1436 H mulai pukul 17.15 WIB di Indonesia akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT).

Puncak Gerhana Bulan Total ini akan pada pukul 19.01 WIB dan selesai pada pukul 20.44 WIB. “Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total ini,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement