Senin 30 Mar 2015 11:27 WIB

Kedubes Arab Saudi akan Jelaskan Dampak Konflik Yaman

Rep: c 24/ Red: Indah Wulandari
Kisruh di Yaman melibatkan Arab Saudi kontra Iran.
Foto: Reuters
Kisruh di Yaman melibatkan Arab Saudi kontra Iran.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia segera memberikan keterangan terkait peran militer Arab Saudi dalam serangan udara terhadap kelompok Al-Houthi, Yaman.

"Insyaallah dalam waktu dekat akan ada pertemuan khusus berkaitan dengan masalah ini, dan akan kami kabari secepatnya," ujar Atase Pers Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia Ahmad Alham, Senin (30/3).

Materi yang akan dirilis termasuk dampak pada penyelenggaraan ibadah haji di musim haji mendatang. Lantaran Kota Mekkah, Arab Saudi merupakan tempat penyelenggaraan haji, dan pemerintah Saudi sebagai penyelengara haji secara internasional.

Sedangkan saat ini militer negara tersebut terlibat dalam konflik melawan gerilyawan Al-Houthi Yaman.

Arab Saudi dan negara anggota lain Dewan kerjasama Teluk (GCC) melancarkan serangan udara terhadap oposisi Al-Houthi di Yaman pada Kamis (26/3), tindakan yang dikutuk oleh Iran tapi didukung oleh Amerika Serikat, Mesir, Yordania dan Maroko.

Pada hari yang sama, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz As-Saud dalam Pertemuan Puncak Arab mengatakan, serangan militer pimpinan Arab Saudi terhadap gerilyawan Al-Houthi di Yaman akan dilanjutkan sampai keamanan dipulihkan di negeri tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement