Ahad 29 Mar 2015 07:51 WIB

Sewindu PPPA Daarul Quran

suasana doa bersama untuk Indonesia di Pesantren Tahfidz Daarul Quran Ketapang, Tangerang, Banten
Foto: dok.pppa
suasana doa bersama untuk Indonesia di Pesantren Tahfidz Daarul Quran Ketapang, Tangerang, Banten

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Delapan tahun lalu, persisnya, 26 Januari 2007, Republika pernah mewawancarai Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Daarul Quran, Ustaz Yusuf Mansur. Waktu itu, ia menggulirkan Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA).

Melalui Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) yang dananya dihimpun dari sedekah umat Islam, pesantren yang dirintis Ustaz Yusuf Mansur dan bermarkas di Kampung Bulak Santri dan Ketapang Tangerang ini, menyiapkan calon hafidz.

Diharapkan, setiap tahunnya PPPA bisa mengaudisi 70 anak yatim dan kaum dhuafa untuk digodok sebagai penghafal Alquran.

''Kampung Bulak Santri dan Ketapang akan kita jadikan seperti Demak dan Kudus-nya Jakarta. Jadi, orang-orang kampung juga melakukan setoran hafalan Alquran,'' kata Ustaz Yusuf Mansur saat itu.

Ia pun  menceritakan awal berdirinya pesantren Daarul Quran yang berdiri secara tidak sengaja. ''Waktu itu datang tamu ke rumah saya, Ustadz H Ahmad, dia sedikit mengadu tentang keadaan pondok pesantren yang dirintisnya yang butuh suntikan dana,'' jelasnya.

Ustaz Yusuf Mansur meminta sang tamu untuk menempatkan santri di rumahnya. Ternyata pesantren yang dimaksud hanya satu rumah yang bercampur antara santri wanita dan pria. Tapi, beliau memang luar biasa, lulusan Madinah yang istikamah.

''Motivasi saya hanya satu supaya punya hafalan Alquran bisa ada kesempatan untuk muraja'ah yaitu dengan mengajar karena menjaga hafalan supaya baik yaitu dengan mengajar,'' ungkap Ustaz Yusuf Mansur.

Alasan kedua, kata dai kelahiran Betawi itu, supaya selamat dan ia butuh sekali pertolongan Allah. Sedangkan Allah SWT berfirman, kalau kita rajin membantu orang, rajin sedekah, akan dibantu.

''Waktu itu, delapan anak kemudian dipondokkan di rumah. Jadilah cikal bakal Pondok Pesantren Daarul Quran,'' kata Ustaz Yusuf Mansur mengisahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement