Ahad 29 Mar 2015 05:15 WIB

Ini Syarat Utama Agar Amalan Unggulan Jadi Andalan

Rep: Hannan Putra/ Red: Indah Wulandari
Sedekah   (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sedekah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap Muslim harus memiliki amalan-amalan andalan yang bisa menjadi penopangnya  di akhirat kelak.

"Islam mempunyai pintu masuk yang banyak. Para sahabat itu mempunyai keutamaan masing-masing yang beragam. Ada sahabat yang ahli sedekah, jihad, ibadah, puasa, dan lain sebagainya," terang muballigh kondang Ustadz Erick Yusuf, akhir pekan lalu.

Erick Yusuf mengatakan, sekecil apapun sebuah amalan bisa menjadi andalan bagi pelakunya di akhirat kelak. Apalagi amalan yang dilakukan secara istikamah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW melalui hadist riwayat Muslim, "Peliharalah wajah kalian dari api neraka, walau dengan (berinfak) sebutir kurma."

Erick memesankan, setiap amal baru bisa menjadi andalan bagi pelakunya jika memenuhi dua syarat.

Pertama, harus ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Kedua, amal tersebut (ittiba') mengikuti sesuai dengan yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW.

"Amal itu bergantung dari niatnya. Kalau ada keikhlasan, pasti dia bisa jadi unggulan. Disamping itu, tata caranya harus ittiba' kepada Rasullah SAW. Dua ini kuncinya," jelas Erick.

Ketika seseorang menampakkan hikmah dari amalan yang telah dilakukan, jangan langsung sombong.

"Hati-hati, bisa jadi itu ujian dari Allah. Jangan ke-geeran langsung berfikir Allah memuliakan saya. Padahal semua yang kita hadapi di dunia ini adalah ujian," pesannya.

Menurutnya, keberkahan suatu amal ketika pelakunya mendapatkan sakinah (ketenangan) setelah mengamalkannya.

"Berkah dari amal shaleh ini di dunia, kita mendapatkan sakinah. Ketika kita melakukan kebaikan, pasti akan membuahkan ketenangan dalam hati," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement