Selasa 24 Mar 2015 16:55 WIB

Indonesia Negara Paling Pas Untuk Umat Islam

Rep: c71/ Red: Damanhuri Zuhri
Umat Muslim Indonesia mengikuti shalat ied
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Umat Muslim Indonesia mengikuti shalat ied

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia adalah negara yang paling pas untuk umat Islam saat ini. Pernyataan tersebut dilontarkan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Machasin dalam menyikapi pilihan ajaran Islam.

"Indonesia adalah negara yang paling pas untuk umat Islam saat ini. Tidak berbentuk khilafah tapi bukan juga demokrasi liberal. Demokrasi Pancasila, ini paling pas," ujar Machasin ketika dihubungi Republika, Selasa (24/3).

Menurut Machasin, saat ini ajaran radikalisme dapat dibendung dengan mengarahkan isi khutbah dan memilih ajaran Islam yang sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia sekarang dan yang akan datang.

Machasin mencontohkan bagaimana menyikapi ayat yang menyatakan perang kepada orang yang tidak beragama pada agama Allah.

"Apakah artinya orang yang tidak beragama boleh diperangi atau sebenarnya pengertiannya justru berbeda," ujar Machasin menerangkan.

Ia menyatakan hal ini harus disikapi dalam konteks Indonesia yang memiliki keberagaman. Menurut Machasin, sepanjang orang itu tidak menimbulkan kebencian maka tidak ada masalah. "Selanjutnya mari fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan)," ujar Machasin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement