Kamis 05 Mar 2015 09:33 WIB

Ulama India Dapat Penghargaan dari Raja Saudi

Rep: c 83/ Red: Indah Wulandari
Ulama India Zakir Naik
Foto: telegraph
Ulama India Zakir Naik

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH- Ulama Muslim terkenal asal India Zakir Naik menerima penghargaan dari Raja Salman atas kontribusinya terhadap Islam. Penghargaan ini diberikan dalam sebuah upacara di sebuah hotel mewah di Riyadh.

"Islam adalah satu-satunya agama yang dapat membawa perdamaian ke seluruh umat manusia," ujar Dr Naik di biografi video yang ditayangkan pada upacara tersebut seperti dilansir onislam, Kamis (5/3).

Zakir Naik adalah seorang pengamat perbandingan agama. Ia juga pendiri dan presiden dari Yayasan Riset Islam (IRF). Ia mendirikan saluran TV Perdamaian, yang merupakan satu-satunya saluran di dunia yang mengkhususkan diri dalam perbandingan agama.

Pria berusia 50 tahun ini juga telah menulis buku tentang Islam dan perbandingan agama, seperti Konsep Allah di Semua Agama, Alquran dan Ilmu Pengetahuan Modern: Kompatibel atau tidak Kompatibel?

 

Pada tahun 1991, Dr. Naik mulai bekerja di bidang dakwah. Ia pernah berkata bahwa ia terinspirasi oleh Ahmed Deedat, seorang pengkhotbah Islam, setelah bertemu dengannya pada tahun 1987.

Pemerintah Arab Saudi menggelar ajang Hadiah Internasional Raja Faisal (KFIP) 2015 di lima kategori. Yakni, kategori  Layanan Islam, Studi Islam, Bahasa Arab dan Sastra, serta Kedokteran dan Sains.

Hadiah yang diperoleh pemenang, yakni  sertifikat bertulisan tangan Arab, medali emas, dan uang sebesar 200 ribu dolar AS atau senilai Rp 2,6 miliar.

Naik mengatakan  akan menyumbangkan semua uang yang ia peroleh untuk pengembangan TV Perdamaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement