Selasa 03 Mar 2015 14:19 WIB

'Niatkan Berperan di Masyarakat karena Allah'

Rep: C08/ Red: Indah Wulandari
 Ketua MAI Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS
Foto: dok Humas UMM
Ketua MAI Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam didorong konsisten memberikan kontribusi besar bagi Indonesia dari berbagai bidang.

“Peran besar tersebut bisa melalui kegiatan sosial, melalui pemerintahan, ataupun duduk di posisi-posisi strategis lainnya,” ungka[ Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Rokhmin Dahuri dalam Talkshow “Menggugat Peran Umat Islam untuk Masa Depan Indonesia” Islamic Book Fair di Istora Senayan Jakarta, Selasa (3/3). 

Akan tetapi peran apapun yang diambil dalam memberikan kontribusi bagi bangsa, menurut Rokhmin, haruslah didahului dengan niat atas nama Allah SWT.

"Kalau ingin berperan niatkanlah karena Allah. Agar pikiran kita tidak menyimpang kepada hal-hal lain," kata Rokhmin.

Selain itu, umat Islam menurut Rokhmin juga harus berupaya untuk menepis anggapan Islam identik dengan kejahatan. Akhir-akhir ini, kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini, Islam menjadi tumbal dari aksi kejahatan yang dilakukan ISIS.

Untuk itu, umat Islam dalam peran apapun menurut Rokhmin harus menunjukkan kepada seluruh umat bahwa Islam yang sesungguh mengajarkan kebaikan bagi seluruh umat manusia dan juga sekalian alam.

"Harus kita tunjukkan bahwa tak ada ajaran Allah yang bukan buat kebaikan, semua untuk kebaikan," ujar Rokhmin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement