Selasa 03 Mar 2015 03:58 WIB
Islamic Book Fair 2015

Oase Al-Qur'an, Ikon Baru Mushaf Al-Qur’an

Rep: Irwan Kelana/ Red: Damanhuri Zuhri
Sejumlah pengunjung memperhatikan Mushaf Oase Al-Qur'an di stan Republika, di ajang Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015, Istora Senayan, Jakarta, Ahad (1/3)
Foto: foto: irwan kelana/republika
Sejumlah pengunjung memperhatikan Mushaf Oase Al-Qur'an di stan Republika, di ajang Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015, Istora Senayan, Jakarta, Ahad (1/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk mushaf Al-Qur’an semakin menjamur. Kini semakin banyak penerbit yang mencetak dan menerbitkan mushaf Al-Qur’an dengan berbagai macam kelengkapannya.

Selain berisi teks Al-Qur’an, juga dilengkapi dengan terjemah lengkap, terjemah perkata, tafsir, asbabun nuzul, hikmah, dan berbagai kelengkapan lainnya.

Beragam produk mushaf Al-Qur’an bisa dijumpai di arena Islamic Book Fair (IBF) Ikapi DKI Jakarta ke-14 tahun 2015, yang digelar di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, 27 Februari hingga 8 Maret 2015.

“Banyak sekali stan penerbit yang menjual produk Mushaf Al-Qur’an. Bahkan boleh dikatakan, sebagian besar penerbit yang menjadi peserta IBF 2015 menjual produk Mushaf Al-Qur’an,” kata Ketua Panitia IBF ke-14 tahun 2015 M Anis Baswedan kepada Republika, Ahad (1/3).

Anis mencontohkan sejumlah penerbit yang mencetak dan memasarkan produk Mushaf Al-Qur’an, yakni Al-Mubin, Syamil, Cordoba, Maghfirah, Khazanah, dan Al-Kautsar.

Ukuran dan kemasannya pun bermacam-macam, dari yang kecil hingga yang besar, dari mushaf cover biasa, hingga cover yang dilengkapi dengan sarung kulit. Begitu pula warna covernya pun bermacam-macam, dari hitam, merah, hijau, biru hingga ungu.

Ada yang bentuknya masih konvensional (hanya berupa buku atau kitab). Ada pula yang dilengkapi dengan teknologi E-pen. Harganya pun bervariasi dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu bahkan ada yang mencapai lebih Rp 1,5 juta.

Mengapa begitu banyak penerbit Indonesia yang mencetak dan memasarkan produk Mushaf Al-Qur’an? “Karena kebutuhan terhadap produk Mushaf Al-Qur’an sangat banyak, dan hingga saat ini belum terpenuhi,” ujar Anis.

Salah satu penerbit yang aktif bahkan mengkhususkan diri pada penerbitan produk Mushaf Al-Qur’an adalah CV Bayan Qur’an.

“Sejak beberapa tahun lalu, kami mencetak dan menerbitkan Qur’an Bayan, yang telah beredar ke berbagai peloksok Nusantara bahkan mancanegara,” kata Direktur CV Bayan Qur’an Muhammad Asrori kepada Republika, Ahad (1/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement