Jumat 30 Jan 2015 19:26 WIB

MUI Sambut Positif Usulan Pembentukan Majelis Syuro

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar pertemuan pra kongres umat Islam Indonesia.
Foto: Dok. Ustaz Yusuf Mansur (Instagram)
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar pertemuan pra kongres umat Islam Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) mengusulkan dibentuknya Majelis Syuro umat Islam Indonesia. Usulan ini diharapkan MIUMI akan disahkan pada Kongres Umat Islam Indonesia ke-IV di Yogyakarata, 9-11 Februari.

Sekjen MUIMI KH Bakhtiar Hamzah, dia mengakui kongres umat Islam masih baru pada titik kebersamaan, sehingga perlu diperkuat dengan pembentukan Majelis Syuro, karena kelemahan umat Islam di Indonesia saat ini karena tidak adanya Majelis Syuro yang dipatuhi oleh semua umat Islam, pembentukan majelis syura juga untuk menghindari pengambilan keputusan secara liar.

Soal usulan itu, Ketua Umum MUI, Din Syamsudin menyambut positif. “Saya sepakat dengan usulan pembentukan majelis syura sehingga nantinya bisa diterbitkan rekomendasi tertulis yang subtantif dan fundamental untuk merombak sistem, meskipun sebelumnya akan dibahas panitia penyelenggara Kongres,” kata Din, seperti dilansir mui.or.id, Jumat (30/1).

Perwakilan PUI mengusulkan agar KUII dapat menelorkan subtansi untuk mengangkat derajat umat Islam, termasuk juga membahas penurunan kepercayaan umat Islam terhadap ulama. Untuk itu perlu dibentuk majelis syura yang bisa menjadi rujukan semuanya. Dia mengakui, selama ini MUI sudah menjadi rujukan namun sifatnya parsial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement