Kamis 29 Jan 2015 23:44 WIB

Dakwah di Perkotaan Jangan Melulu Hal Ringan

Rep: c13/ Red: Agung Sasongko
Khutbah Jumat (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Khutbah Jumat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Muslimah HTI, Iffah Nur berharap para juru dakwah bisa memiliki cara yang tepat dalam menyiarkan islam. Menurutnya, ada banyak hal yang sepertinya perlu juga untuk disyiarkan para ulama kepada umat Islam yang berada di metropolitan.

"Selama ini juru dakwah hanya fokus untuk mensyiarkan dakwah yang ringan. Misalnya, hal-hal yang berkenaan dengan amalan-amalan dan ibadah lainnya. Dakwah dengan isi yang berat juga perlu disyiarkan oleh para alim ulama," kata dia, Kamis (29/1).

Menurut Iffah, syiar dakwah yang berkenaan dengan politik dan ekonomi termasuk ke dalam dakwah yang berat. Hal ini karena kebanyakan orang menganggap politik misalnya, menjadi bagian terpisah dari agama. Sehingga, dia melanjutkan, menjadi upaya yang sulit untuk menembus pemahaman umat Islam mengenai hal tersebut.

Iffah berpendapat, masalah politik sebenarnya juga menjadi perhatian besar dalam ajaran Islam.  Oleh karena itu, menjadi sebuah kesalahan jika umat Islam menolak memadupadukan permasalah politik dengan agama. Sebab, Alquran sendiri sudah menjelaskan cara berpolitik dan mengatur pemerintahan dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement