Kamis 29 Jan 2015 10:55 WIB

Muslim Inggris Lawan Ekstremisme dengan Humor

Rep: C83/ Red: Winda Destiana Putri
Muslim Inggris
Foto: AP
Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Muslim di Inggris melawan tindakan ekstrimisme dan radikalisme remaja Inggris dengan humor. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan pesan toleransi dengan cara yang lucu untuk menawarkan citra Islam yang sebenarnya. Kegiatan ini juga dilakukan dengan kerjasama bersama pihak kepolisian.

Kemitraan yang konstruktif antara komedian Muslim dan polisi datang sebagai bagian dari pelajaran anti-ekstremisme yang dipimpin oleh petugas kontra-terorisme. Sengaja terlatih dan bertujuan untuk mencegah remaja Inggris bepergian ke luar negeri bergabung dalam pertempuran.

"Saya seorang pelawak, saya bukan politisi. Saya hanya mencoba untuk melakukan sesuatu yang positif," ujar Muslim YouTube superstar, Humza Arshad seperti dilansir Islam Online Kamis (29/1).

Ia mengatakan, saat ini Muslim digambarkan dalam cahaya yang negatif karena tindakan beberapa ekstrimis. Untuk itu cara ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan dan memberitahu orang-orang muda tindakan mereka salah.

Arshad yang dikenal sebagai 'Badman', adalah komedian Pakistan Inggris dari London selatan yang seri YouTube nya telah mencapai lebih dari 40 juta viewer.

Seri Badman berisikan campuran humor dan ajaran Islam yang menangani beberapa masalah yang mempengaruhi pemuda Muslim Inggris, dengan pesan moral yang disampaikan di akhir setiap episode.

Pelajaran Komedian pertama diadakan di sekolah menengah George Green di East London dan dihadiri oleh siswa kelas sembilan.

"Saudara, kau berubah. Islam adalah tentang perdamaian, jika Anda ingin berdiri untuk sesuatu, maka lakukanlah, tetapi tidak dengan kemarahan dan kekerasan," kata Arshad dalam cuplikan video komedinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement