Kamis 18 Dec 2014 22:23 WIB

Ibtihaj Muhammad, Atlet Anggar yang Juga Desainer Busana Muslim

Ibtihaj Muhammad
Foto: Boston.com
Ibtihaj Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2014, tak sedikit pemberitaan yang menyebut Islam dan Muslim. Sebagian  pemberitaan itu memuat kisah sukses yang dilakoni seorang Muslim. Sebagian lain, mengisahkan perjuangan Muslim yang menginspirasi banyak orang hingga akhirnya diganjar hadiah nobel.

Seperti dilansir Buzzfeed, Kamis (19/11), ada 21 tokoh Muslim yang 'mengejutkan' dunia dengan ide, kreasi, dan perjuangan mereka. Siapa saja tokoh Muslim itu, ROL  akan mengulasnya secara berurutan.

2. Ibtihaj Muhammad

Ia seorang atlet anggar profesional Muslim Amerika. Ia sukses mempersembahkan emas dalam kejuaraan dunia anggar 2014.

"Jadi kalau saya bermain tenis, sepakbola atau berlari di lapangan, dan rekan saya yang lain menggunakan celana pendek atau kaos berlengan pendek, saya harus selalu memakai lengan yang panjang atau celana panjang, dan sulit bagi saya sebagai anak-anak, karena saya merasa tidak sepadan dengan lingkungan," kata dia, seperti dilansir VOA, Kamis (19/12).

Perempuan yang tumbuh dan besar di New Jersey ini mengaku mencintai olah raga. Adalah ibunya yang kemudian menjadi sosok dibalik kesuksesan Ibtihaj dibidang anggar. Dan Ibtihaj memilih anggar karena olah raga ini mengenakan pakaian serba tertutup. 

Ibtihaj mengatakan olah raga ini mirip permainan catur – Anda harus terus berpikir untuk bertindak lebih dulu dan mengalahkan lawan. Muhammad mulai berlatih anggar pada 1999 ketika berusia 13 tahun. Ia mengincar masuk tim nasional Amerika pada 2007 ketika ia sadar bahwa tidak ada perwakilan dari minoritas.

 

Selain sebagai atlet, Ibtihaj juga seorang gemar tampil anggun dengan busana Muslim. Beberapa pakaian yang dikenakan kerap menjadi tren yang ditiru Muslimah lainnya. Ia pun memperkenalkan label Loulla, yang ternyata laris manis di pasaran.

''Kami ingin bisa mengikuti mode dan mematuhi agama kami,'' kata Ibtihaj Muhammad, pemilik Louella, mereka busana Muslim, seperti dikutip dari AP. Label asal Los Angeles ini telah menjual 4.000 pakaian sejak dibuka tiga bulan lalu. Ibtihaj mengatakan ia kesulitan mencari atasan lengan panjang dan busana terusan panjang untuk dikenakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement