Kamis 18 Dec 2014 02:30 WIB

IKADI: Ada Upaya Pengikisan Agama Secara Sistematis

Rep: cr02/ Red: Damanhuri Zuhri
Ketua Umum PP IKADI K.H Ahmad Satori Ismail
Foto: Republika/Agung
Ketua Umum PP IKADI K.H Ahmad Satori Ismail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Ketua umum Ikatan Dai Seluruh Indonesia (IKADI) Prof Dr KH Ahmad Satori Ismail mengatakan ada upaya pengikisan agama secara sistematis pada saat ini.

"Seperti ada upaya pengikisan agama yang tersistematis bila melihat permasalahan yang tengah terjadi," ujar Satori kepada Republika, Kamis (18/12) malam.

Satori mengatakan pengikisan agama tersebut terlihat mulai ada wacana pengosongan kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP), pencabutan Undang Undang Penistaan Agama serta wacana untuk melakukan revisi terhadap doa di sekolah.

Selain itu, kata dia, di dalam kehidupan manusia juga telah ditemukan banyak bukti dengan disibukannya umat dengan tontonan yang tidak mendidik di kala waktu salat.  "Hal tersebut membuat akidah dan keimanan generasi umat Islam menjadi terkikis," kata Satori.

 

Satori berharap umat Islam di seluruh Indonesia sadar dan bangkit untuk kembali memperkuat akidah dan persatuan umat. Ia menilai, hal tersebut dapat dicegah dengan mengevaluasi kekurangan yang ada dalam diri individu masing-masing. 

"Umat Islam juga harus mengingatkan pemerintah untuk sadar akan tanggung jawabnya serta arif dalam mengambil kebijakan," ujarnya.

Satori menambahkan, umat Islam harus kembali melakukan kajian dan belajar mengenai ajaran agama yang baik agar terhindar dari upaya pengikisan agama yang tengah terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement