Rabu 17 Dec 2014 13:42 WIB

Akhirnya, Perobek Alquran Ini Dihukum Pengadilan Inggris

Julie Phillips
Foto: Twitter
Julie Phillips

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Seorang penggemar sepak bola yang merobek halaman Alquran dihukum larangan masuk ke seluruh stadion di Inggris dan Wales selama tiga tahun. Julie Phillips, 51, merobek halaman Quran dalam laga Middlesbrough kontra Birmingham City yang berakhir 2-2 pada Desember 2013.

Polisi mengatakan bahwa Phillips, yang sudah mendapatkan larangan seumur hidup masuk ke Stadion Riverside Middlesbrough, berkontribusi terhadap munculnya perbuatan lain yang menyimpang. Phillips berdalih, dia tidak tahu kertas yang dikoyaknya adalah Alquran.

Dia adalah wanita pertama di Timur Inggris yang menerima larangan tersebut, seperti diputuskan Pengadilan Teesside.

BBC memberitakan pada Rabu (17/12) bahwa sebuah sidang di Pengadilan Birmingham, Mei lalu menemukan Phillips dan pendukung Middlesbrough lain bersalah. Mereka didakwa melakukan tindakan rasial yang diperburuk dengan pelecehan.

Polisi Cleveland melaporkan ke pengadilan di Teesside untuk menghukum Phillips agar tak boleh masuk stadion sepak bola manapun. Sebab Phillips punya sejumlah catatan buruk. Merobek Alquran merupakan salah satunya. Ia pernah menyerang petugas penjaga pertandingan dengan kata-kata rasis.

Dan, pengadilan mendengar kesaksiak bahwa saat bepergian kembali dari pertandingan lain, Phillips mabuk, kasar terhadap petugas Transportasi Kepolisian Inggris, dan membuat ancaman terhadap kelompok lain sambil berteriak dan menyumpahi mereka.

Phillips mengatakan ia tidak menyadari buku dia merobek adalah Alquran dan membantah menggunakan bahasa rasis atau kasar. Tetapi hakim Teesside mengatakan ia sengaja meminimalisasi perannya dalam insiden itu.

James Langley, pengacara Polisi Cleveland yang membujuk pengadilan untuk menjatuhkan larangan tersebut, mengatakan kasus Phillips harusnya menjadi peringatan bagi penggemar sepak bola lainnya.

Phillips mengatakan ia telah mendukung Middlesbrough selama 40 tahun dan berpikir larangan seumur hidup klub itu sangat keras. Pengadilan mendengar dia juga sekarang kehilangan pekerjaan di Middlesbrough Council.

 

Info seputar sepak bola silakan klik di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement