Sabtu 29 Nov 2014 05:31 WIB

Hari ini, Ketua Umum PBNU Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

Rep: Syahruddin El-fikri/ Red: Agung Sasongko
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berpidato saat Halal Bihalal Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DKI Jakarta, Ahad (25/8).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berpidato saat Halal Bihalal Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DKI Jakarta, Ahad (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, akan dikukuhkan sebagai guru besar bidang tasawuf pada Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Pengukuhan itu akan dilakukan hari ini, Sabtu (29/11) di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya.

Staf Ahli Ketua Umum PBNU Syamsul Hadi menjelaskan, pengukuhan KH Said Aqil Siroj sebagai guru besar bidang tasawuf, semakin membuktikan sosok ketua umum PBNU itu sebagai ahli atau pakar pada bidang tasawuf.
"Selama ini memang beliau (KH Said Aqil Siroj) sudah diketahui sebagai ahli tasawuf. Bahkan, beliau juga mengajarkan tentang tasawuf di kantor PBNU," jelas Syamsul.
Pada pengukuhan nanti, KH Said Aqil Siroj akan menyampaikan pidatonya dengan judul “Tasawuf Sebagai Revolusi Spiritual Dalam Kehidupan Masyarakat Modern”. Makalah setebal 34 halaman itu berisi tentang pentingnya tasawuf bagi umat manusia dalam kehidupan sehari-hari.
"Tasawuf memang sering mendapatkan kritikan dan tuduhan menyakitkan. Beberapa orientalis dan pemikir Muslim sendiri tidak sedikit yang menuduh tasawuf menjadi biang kemunduran peradaban Islam. Padahal, itu semua tidak benar," kata Kyai Said dalam makalahnya.
"Bila kita baca dalam sejarah, banyak para sufi yang justru memajukan peradaban Islam. Para sufi dikenal dengan keilmuannya yang ensiklopedis. Kita bisa sebutkan seperti Syekh Sahl At-Tasturi, sufi yang ahli tafsir. Syekh Ibnu Arabi, sufi yang mengedepankan tasawuf-falsafi dikenal pula sebagai ahli tafsir dan hadits. Syekh Ibnul Farid  dan Syekh Fariduddin Al-Aththar adalah dua figur sufi yang dikenal luas sebagai sastrawan. Itu menunjukkan, bahwa tasawuf punya hal penting dalam membentengi umat dari perilaku hedonisme dalam kehidupan modern," tulisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement