Kamis 27 Nov 2014 13:46 WIB

Kerja Keras Rasulullah Inspirasi Dakwah Masa Kini

Rep: cr 02/ Red: Indah Wulandari
Dakwah AFKN di pelosok Papua.
Foto: Dok AFKN
Dakwah AFKN di pelosok Papua.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dakwah menjadi salah satu cara untuk menyebarkan keindahan agama Islam ke seluruh penjuru negeri. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI ) Tengku Zulkarnain menjelaskan bahwa kerja keras Rasulullah dan para sahabatnya patut dicontoh oleh generasi muda saat ini di Indonesia. 

"Siang dan malam Rasulullah dan sahabat melakukan dakwah untuk menyebarkan agama Islam. "Mereka mengorbankan diri dan harta mereka demi melakukan dakwah dan kemajuan agama," ujar Tengku, Kamis (27/11).

Rasulullah menghabiskan waktunya selama 10 tahun di Madinah untuk melakukan dakwah. Sehingga masyarakat jazirah Arab memutuskan untuk memeluk agama Islam. Rasulullah pun memerintahkan para sahabatnya untuk melakukan dakwah ke berbagai daerah maupun penjuru dunia lainnya. 

Seperti Sayyidina Abu Bakar, Ali, Ibnu mas'ud, Abumusa al Asy'ari sampai yang masih awam seperti Khalid bin Walid. Tengku mengatakan bahwa mereka mati-matian bekerja keras untuk berdakwah. 

Dari 114 ribu sahabat yang ada, hanya 10 ribuan yang wafat di tanah Hijaz. Sisanya mengembara dan wafat di penjuru dunia untuk mendakwahkan agama Islam. 

Seperti di Rusia, lebih 60 sahabat Rasulullah meninggal di sana. Namun, perjuangan mereka tidak sia-sia hingga saat ini Islam berkembang dengan pesat di berbagai dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement