Rabu 26 Nov 2014 11:58 WIB

Jasin Pastikan Uang Tunjangan Penghulu Cair Awal Desember

Rep: c 83/ Red: Indah Wulandari
M Jasin
Foto: antara
M Jasin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Agama (Kemenag) memastikan uang transportasi dan jasa profesi untuk penghulu akan cair pada awal Desember mendatang. 

"Kira-kira keluarnya uang transport dan jasa profesi untuk penghulu diusahakan dalam waktu dekat. Insyaallah awal Desember," ujar Inspektur Jenderal Kemenag M. Jasin, Rabu (26/11).

 Ia memastikan hal tersebut selah berkomunikasi dengan Dirjen Anggaran Kemenag. Informasi yang didapat, kata Jasin,  proses revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA NR) akan diusahakan selesai akhir pekan ini. Sehingga awal Desember anggaran sudah bisa dicairkan.

Menurut Jasin, terhambatnya pencairan dana penghulu karena Kemenag harus mempersiapkan  prosedur pengorganisasian penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pendistribusian PNBP, serta pembuatan tipologi berdasarkan data peristiwa nikah seluruh Indonesia. 

 

Selain itu Kemenag juga harus memasukkan PNBP Nikah dan rujuk ke dalam DIPA anggaran tahun 2014 dan melakukan revisi PMA dan DIPA  berdasarkan  saran Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan. 

"Untuk semua itu bukan hal yang mudah dan perlu waktu," katanya.

Ia menambahkan, agar tidak terjadi keterlambatan pencairan dana untuk bulan berikutnya, Ditjen Bimas Islam langsung akan mengajukan pencairan tahap kedua. Mantan Wakil Ketua KPK ini berharap, PNBP nikah dapat rutin dicairkan per tiga bulan sekali.

Jumlah anggaran penghulu yang akan cair pada bulan Desember yakni Rp 173 miliar.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement