Sabtu 01 Nov 2014 13:24 WIB

Meriahnya Gebyar Muharram Ala Ri'ayatul Ummah (1)

suasana gebyar muharram lpgdm ri'ayatul ummah
Foto: foto: damanhurizuhri/republika
suasana gebyar muharram lpgdm ri'ayatul ummah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekik takbir Allahu Akbar berkali-kali menggema di Auditorium Ri'ayatul Ummah. Auditorium berkapasitas 120 orang dewasa itu, terletak di Jalan Masjid At-Taqwa Gang Haji Sa'anan, Rt 01/Rw 02, Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Sebanyak 120 santri Pendidikan Taman Alquran (TPQ) Ri'ayatul Ummah mengikuti Gebyar Muharram 1436 Hijriyah. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari, diselenggarakan Lembaga Pembinaan Generasi Dini Muslim (LPGDM) Ri'ayatul Ummah.

Menurut ketua Dewan Direksi LPGDM, Hajjah Sunarsih Wijaya, para peserta adalah santri terbaik yang mewakili 45 TPQ di wilayah dari Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Masing-masing sebanyak dua santri per TPQ. Sedangkan perwakilan TPQ dari Wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, tengah mengikuti berbagai kegiatan sosial.

Tujuan yang ingin dicapai, kata Umi Nini, begitu ia akrab disapa, ingin membangkitkan semangat generasi Muslim dengan memperlihatkan sosok yang sangat mengidolakan Rasulullah SAW dan melaksanakan apa yang diharapkan Rasulullah SAW sehingga diridhoi Allah sebagai pemimpin terbaik dari prajurit terbaik sebagaimana Bisyarah Rasulullah .

''Selama ini, anak-anak menjadikan seseorang sebagai sosok tauladan. Melalui Gebyar Muharram 1436 Hijriyah, kami menginginkan para santri menjadikan pribadi Rasulullah SAW dan orang-orang yang mencintai Rasulullah SAW sebagai sosok teladan,'' ujarnya.

Selain mengikuti lomba ketangkasan pemahaman terhadap keutamaan pribadi para sahabat Khulafaaurrasyidin dan keluarga Rasulullah SAW seperti Khadijah, Aisyah maupun Fatimah, para peserta juga dinilai bagaimana mereka melakukan wudhu, shalat dan tadarus secara berjamaah serta menyayangi dan memuliakan saudara muslim yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya

''Dari berbagai perlombaan Gebyar Muharram ini, kami ingin mendapatkan kekuatan ukhuwah di kalangan santri Ri'ayatul Ummah dan mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,'' paparnya.

Agus Setiawan, Lurah Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat mengapresiasi kegiatan Gebyar Muharram yang dilaksanakan LPGDM Ri'ayatul Ummah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement