Jumat 31 Oct 2014 17:16 WIB

Jepang Impor Makanan Halal dari Malaysia, Kok Bukan Indonesia?

Rep: cr2/ Red: Agung Sasongko
Makanan halal
Foto: Antara
Makanan halal

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang dikabarkan segera mengimpor makanan halal dari Malaysia. Ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan makanan halal di Jepang.

Menteri Pertanian dan Agrobisnis, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan, produk makanan halal yang akan dikirim ke Jepang tidak hanya untuk umat Islam. Makanan berlabel halal tersebut akan dipasarkan dan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Jepang.

Datuk mengungkapkan bahwa salah satu daerah di Tokyo, Chiba akan menjadi pintu masuk utama produk makanan halal tersebut. Produk halal itu juga nantinya akan menjadi sajian pada Olimpiade 2020 yang diadakan di Tokyo.

Selain untuk atlet, wisatawan muslim yang berkunjung untuk menyaksikan acara tersebut juga tidak akan sulit menemukan makanan halal.  "Makanan halal ini akan menjadi yang pertama masuk ke Jepang secara skala besar," ujar Datuk seperti dikutip muslimvillage.

Datuk menambahkan, Malaysia dan Jepang akan terus membicarakan kelanjutan pembicaraan tersebut dan membentuk tim untuk memantau distribusi makanan tersebut. Nantinya, tim tersebut akan bekerja untuk memastikan bahwa produk makanan yang diekspor ke Jepang bersih, segar dan halal.

Sampai saat ini, Datuk mengungkapkan bahwa volume besar produk makanan halal dari Malaysia sudah diekspor ke berbagai negara termasuk China, Dubai, Bahrain dan Qatar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement