Ahad 26 Oct 2014 09:36 WIB

AMEC Sambut Muharram dengan Latih Kecerdasan Sosial

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Erdy Nasrul
AMEC Rayakan Tahun Baru Islam
Foto: Nashih Nasrullah
AMEC Rayakan Tahun Baru Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Labbaikallahumma labbaik...labbaikala syarika laka labbaik. Innalhamda wanni'mata laka wal mulk la syarikalak". Suara lantang talbiyah bergema keras dari 507 anak TK dan SDIT AMEC serta sekira 180 anak TK/paud yang berada di sekitar Alma'mun Education Center (AMEC).

Mentari pagi yang sedikit terik di atas taman AMEC 1 di Jl H Nawi Malik no 9 Serua Bojongsari Depok, Kamis (23/10) tak mengurangi semangat anak-anak untuk mengikuti pelatihan manasik haji dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1436 H. Rangkaian acara digelar untuk menyemarakkan hari besar Islam ini. Selain manasik, berlangsung pula pembagian bingkisan untuk anak Yatim-piatu, dan makan bersama.

Direktur Sekolah AMEC Ma'mun Ibnu Ridwan, mengatakan prosesi manasik  yang dipandu oleh 72 anak-anak SMIPT AMEC, selain untuk latihan sekaligus bertujuan sebagai pembinaan rasa keagamaan, juga untuk menanamkan rasa kebersamaan. Dengan berpakaian ihram, sekat sosial dengan latar belakang ekonomi, menjadi lebur dalam kesamaan sesama. Apalagi perayaan tahun baru Islam tahun ini masih bertepatan dengan bulan haji, Dzulhijjah. "Jadi kita desain sebagai satu tema melatih Kecerdasan sosial," tuturnya.

Menurut Ma'mun, sudah semestinya anak diperkenalkan dengan sprit kebersamaan yang terkandung dalam risalah haji. Haji menghilangkan batas antara umat manusia dari seluruh dunia, dengan ragam budaya, suku, etnis, warna kulit dan lain sebagainya.

Ma'mun menambahkan, pihaknya mendidik anak agar berbagi kepada teman-temannya anak Yatim dengan menyisihkan ung jajan setiap hari. Mulai dari Rp 100-1000 per hari di sekolah. Dengan cara itu, akan tertanam rasa sosial setiap hari, tanpa perlu mengorbankan diri menahan jajan atau menunggu hingga terkumpul uang lebih. "Pendekatan inilah sebagai upaya melatih kecerdasan sosial," ujar alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Pada pengujung acara, AMEC menyerahkan bingkisan Lebaran Anak Yatim hasil sumbangan keluarga besar AMEC dengan total donasi sebesar Rp 13,5 juta. Jumlah bingkisan sebanyak 100 paket untuk 100 anak Yatim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement