Rabu 22 Oct 2014 15:29 WIB

Luar Biasa, Berusia 10 Tahun Lutfi Hafal 30 Juz Alquran

Rep: c10/ Red: Heri Ruslan
Muhammad Lutfi (10 tahun) sudah mampu menghafal 30 juz Alquran
Foto: c10/republika
Muhammad Lutfi (10 tahun) sudah mampu menghafal 30 juz Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Di usia yang masih belia, Muhammad Lutfi (10 tahun) sudah mampu menghafal 30 juz Alquran. Sebuah prestasi yang luar biasa.

Lutfi sudah bisa membaca Alquran sejak usia 4 tahun. Pimpinan Pondok TahfiZ Qur'an Ar-Raudhah yang juga guru mengaji Lutfi, H Abdul Hadi Koram, mengatakan, orang tua adalah faktor utama dalam pendidikan anak usia dini.

Itulah yang membuat Lutfi sudah bisa membaca Alquran sejak balita. "Lutfi mendapat pendidikan yang baik dari kedua orang tuanya," tutur Abdul Hadi saat ditemui dalam acara Musabaqah Hifdzil Quran yang digelar Yayasan Waqaf Al-Askar di Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

"Guru ngaji hanya melancarkan bacaan dan membantu menghafal Alquran," kata Abdul Hadi. Menurut dia, yang paling membutuhkan keuletan, kesabaran dan keseriusan adalah ketika mengajari Lutfi di usia 3 dan 4 tahun untuk bisa membaca Alquran dengan baik.

Lutfi dibesarkan di Pulau Nias, Sumatra Utara oleh orang tuanya Ramlan Dalimunte dan Sri Maharani Hasibuan. Orang tuanya mengenalkan Alquran kepada Lutfi setiap hari.

Pada usia 9 tahun, Lutfi dikirim ke Pondok Tafiz Qur'an Ar-Raudhah di Medan untuk melancarkan bacaan Alquran. Dalam kurun waktu satu tahun, Lutfi mampu menghafal 30 juz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement