Senin 20 Oct 2014 17:37 WIB

KH Hafidz Usman Baru Pulang dari Tanah Suci

Rep: Joko Suceno/ Red: Agung Sasongko
KH Hafidz Usman
Foto: Republika/ Prayogi
KH Hafidz Usman

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Ketua MUI Jabar, KH Hafizh Utsman meninggal dunia dalam usia 74 tahun. Almarhum yang menjabat ketua MUI Jabar selama tiga periode, periode ketiga 2010- 2015, meninggal dunia di rumahnya di Komplek DPRD  Jabar, Ciwastra, Bandung, Senin (20/10) sekitar pukul 12.00 WIB.

‘’Almarhum meninggal di rumahnya. Beliau baru tiba dari Makkah usai melaksanakan ibadah haji, Ahad (19/10) pukul 16.30 WIB,’’kata Sekretaris MUI Jabar, Drs H Rafani Achyar kepada ROL, Senin (20/10).

Menurut Rafani, pada Senin pukul 09.00 WIB dirinya menelpon almarhum. Namun yang mengangkat sang istri. Menurut nistri almarhum, suaminya sedang berada di kamar mandi. Karena itu istri almarhum meminta agar Rafani menelpon kembali. Sekitar pukul 11.00 WIB ia menelpon kembali. ‘’Salah seorang anaknya meminta saya untuk datang ke rumah. Sesampainya di rumah almarhum sekitar pukul 12.00 WIB, beliau sudah meninggal,’’ujar dia.

Dikatakan rafani, almarhum baru sehari tiba di tanah air setelah menjalankan ibadah haji. Pada Jumat (17/10) ia sempat berkomunikasi dengan almarhum. Ketika itu, posisi almarhum masih berada di Makkah. Dalam percakapannya itu, kata dia, almarhum sempat menanyakan kondisi di Indonesia, khususnya Jabar.

‘’Bahkan beliau sempat menanyakan kondisi organisasi MUI Jabar selama ditinggalkan ibadah haji,’’ujar dia mengenang.

Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka. Rencananya sore ini jenazah akan diberangkatkan ke Pandengalng untuk dimakamkan di Kampung Kananga, Cisata. Menurut Rafani, almarhum merupapan sosok tokoh agama yang langka. Ketokohannya, kata dia sulit digantikan. ‘’Beliau menjabat ketua MUI Jabar selama tiga periode dan akan berakhir 2015 mendatang,’’ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement