Kamis 20 Sep 2012 20:10 WIB

Ekonomi Islam Gantikan Sistem Barat

Rep: Yulianingsih/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: muslimvillage.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Indonesia akan menjadi lahan yang subur bagi pertumbuhan ekonomi Islam. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk itu.

Demikian dikatakan Islamic Development Bank (IDB) Field Representative for Indonesia, M Makhlani, dalam Stadium General Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kamis, (20/9).

Makhlani juga menyatakan peradaban barat yang digawangi oleh Amerika diperkirakan akan runtuh dan digantikan oleh ekonomi Islam yang kini berkembang di Indonesia.

“Hal ini dibuktikan dengan berbagai krisis ekonomi yang telah terjadi di Barat, seperti krisis Amerika, krisis Yunani dan Eropa yang menyebabkan tingkat pengangguran di Eropa menjadi 25 persen,” paparnya.

Selain itu, bertambahnya jumlah orang Eropa yang memeluk Islam atau sekitar 10 persen semakin memperkuat hal tersebut. Gaya hidup hedonis yang banyak dianut oleh orang Barat juga mulai ditinggalkan.

“Banyak orang Barat yang mulai melirik budaya Islam yang sangat mengutamakan kebersamaan dalam keluarga dan kesejahteraan bersama,” kata Makhlani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement