Ahad 15 Jul 2012 23:04 WIB

Ini Dia, Masjid Paling Bersih di Padang

 Seoranng takmir membersihkan mimbar masjid (ilustrasi)
Foto: Antara
Seoranng takmir membersihkan mimbar masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Masjid Darulfalah yang berada di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, terpilih sebagai masjid dan mushalla terbersih tingkat kota itu.

"Dari lima masjid masuk final, Masjid Darulfalah meraih juara pertama dalam perlombaan masjid dan mushalla terbersih, sedangkan juara kedua diraih Masjid Al Amin, Kecamatan Kuranji, dan ketiga Masjid Al Mujahirin Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Kota Tangah," kata Ketua Dewan Masjid Kota Padang, Maigus Nasir di Padang, Minggu.

Menurutnya, panitia memberikan hadiah berupa satu unit mobil kepada pengurus yang akan digunakan bagi keperluan Masjid Darulfalah, sedangkan juara kedua diberikan uang tunai sebesar Rp 15 juta, untuk juara ketiga memperoleh uang tunai sebesar Rp 10 juta.

"Perlombaan masjid dan mushalla terbersih diikuti 1.338 masjid dan mushalla yang berada di Kota Padang. Perlombaan ini dimulai dari 18 hingga 14 Juli 2012," katanya.

Ada empat kriteria penilaian dalam lomba masjid dan mushalla terbersih yang akan dilaksanakan mulai 18 Juni hingga 14 Juli 2012, di antaranya tempat berwuduk, ruangan ibadah, ketersediaan tempat parkir dan halaman

Selanjutnya partisipasi jamaah dalam menjaga kebersihan massjid dan mushalla. "Namun poin yang tertinggi dalam penilaian ini adalah penilaian tempat berwuduk, yaitu 40 angka," kata Maigus Nasir.

Dia mengatakan, lomba kebersihan masjid dan mushala tersebut sebagai salah satu program Dewan Masjid Indonesia (DMI) mendukung program Pemkot Padang dalam menciptakan lingkungan bersih dan nyaman.

"Apalagi tempat ibadah harus bersih dan nyaman supaya umat dalam beridah dapat merasa tenang dan khusuk," katanya.

Menurutnya, sebagai kota yang sudah dicanangkan sebagai kota religius, sudah seharusnya perhatian terhadap rumah ibadah ini dilakukan.

"Selama ini, begitu banyak masjid dan mushalla di Kota Padang yang belum menjaga kebersihan terutama pada tempat berwuduk," katanya.

Bahkan tidak itu saja, lanjut Maigus Nasir, hal ini juga dapat meramaikan kembali jamaah bergotong royong di masjid dan mushalla di kota Padang, yang selama ini hanya dikerjakan para petugas kebersihan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement