Rabu 04 Jul 2012 20:00 WIB

Muslim Bali Hidupkan Malam Nifsu Sya'ban

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Karta Raharja Ucu
Membaca Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Membaca Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Umat Muslim di Pulau Bali menyambut datangnya malam Nifsu Sya'ban dengan membaca Surat Yasin bersama-sama. Kegiatan ini digelar di beberapa lokasi di Pulau Dewata, satu antaranya di Masjid Al Ikhlas, Monang-Maning Denpasar, yang dipimpin Imam Masjid, H Nur Zainuddin.

Nur Zaenuddin menjelaskan, kegiatan malam Nisfu Sya'ban merupakan bagian dari upaya mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kegiatan membaca Surat Yasin bersama adalah agar umat Muslim diperkuat imannya, dipanjangkan umur, serta dimurahkan rizki dalam rangka ibadah kepada Allah.

"Kalau kita sudah siap menyambut kedatangan bulan Ramadhan, insya Allah kegiatan puasa kita akan dimudahkan oleh Allah," katanya.

Kegiatan menyambut malam Nifsu Sya'ban di Masjid Al Ikhlas, secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan serupa juga digelar di beberapa masjid di Denpasar, seperti di Masjid Baiturrahman, yang terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Denpasar Utara.

Sedang di daerah lainnya, kegiatan sama dilakukan di masjid utama di Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng maupun Karangasem. Menurut Nur Zaenuddin, datangnya bulan Sya'ban, umat Islam dianjurkan untuk memohon maaf atas segala kesalahan yang dilakukan, terutama kepada orang tua dan keluarga yang usianya lebih tua.

"Dengan demikian umat Islam bisa lebih siap menghadapi pelaksanaan puasa Ramadhan," tuntasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement