Rabu 13 Jun 2012 22:47 WIB

Final Lomba Khattil Quran MTQ, Banten Mendominasi

Panggung utama MTQ Nasional ke-24 di Kota Ambon, Maluku.
Foto: Antara/Embong Salampessy
Panggung utama MTQ Nasional ke-24 di Kota Ambon, Maluku.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON - Peserta dari Provinsi Banten mendominasi babak final mata lomba Khattil (kaligrafi) Quran pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIV di Ibu Kota Provinsi Maluku, Ambon, Rabu (13/6). Data yang dihimpun di lokasi perlombaan menyebutan, dari 19 peserta yang bertanding di tiga golongan Khattil Quran yakni naskah, hiasan mushaf dan dekorasi, enam orang di antaranya adalah wakil Provinsi Banten.

Sementara 13 orang lainnya berasal dari Provinsi Maluku, Sumatera Barat, Jawa Barat dan Jakarta masing-masing dua peserta, Riau, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Papua Barat dan Jambi semuanya satu peserta.

Koordinator Panitia MTQ Nasional XXIV untuk cabang Khattil Quran, yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Arman Man Arfa ,mengatakan, para wakil dari sembilan provinsi itu tersebar di golongan naskah dan dekorasi masing-masing enam peserta, dan hiasan mushaf tujuh peserta.

"Babak final hanya berlangsung hari ini (Rabu), diikuti delapan putra dan sembilan putri. Dari sembilan peserta putri itu, empat orang di antaranya bertemu di hiasan mushaf," kata Arman Man Afra.

Ia mengatakan, para wakil dari Provinsi Banten mengikuti semua cabang mata lomba. Sementara dua orang wakil dari Maluku hanya ada di cabang dekorasi putra dan putri.

"Dewan Hakim akan merekap nilai para peserta malam ini juga. Pemenangnya akan diumumkan pada malam penutupan MTQ, 15 Juni, di Tribun Merdeka Ambon," katanya.

Kegiatan MTQ Nasional XXIV di Ibu Kota Provinsi Maluku, Ambon, dilaksanakan selama sepekan, 8 - 15 Juni 2012. IAIN Ambon manjadi salah satu lokasi penyelenggaraan mata lomba Tafsir Quran golongan Bahasa Arab, Hifzil Quran 30 juz dan Kahttil Quran cabang naskah, hiasan mushaf dan dekorasi.

Perlombaan cabang-cabang Khattil Quran dimulai sejak Sabtu (9/6) hingga Rabu (13/6) di GOR IAIN. Babak penyisihan dilaksanakan selama tiga hari yakni Sabtu, Minggu dan Senin. Sementara finalnya berlangsung hari ini.

Saat ini di aula IAIN sedang berlangsung babak penyisihan terakhir dari Tafsir Bahasa Arab dan Hifzil (hafalan) 30 juz. Babak penyisihan ini telah berlangsung sejak Sabtu pekan lalu

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement