Senin 28 May 2012 15:59 WIB

Kuota Haji Tambahan Diprioritaskan untuk Jamaah Lanjut Usia

Rep: indah wulandari/ Red: Taufik Rachman
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Kementerian Agama akan memprioritaskan kuota haji tambahan unuk calon jamaah haji lanjut usia. Kabarnya, Kerajaan Arab Saudi tahun ini akan memberikan kuota tambahan sebanyak 10.000.

''Jika kita mendapat tambahan porsi haji tersebut, maka kita akan memprioritas sebanyak-banyaknya untuk memberangkatkan jemah usia lanjut,” jelas Menteri Agama Suryadharma Ali, Senin (28/5).

“Saat ini, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sedang melakukan pengkajian mendalam, tentang batas jemaah usia lanjut pada usia berapa yang akan diprioritaskan,” ujar Menteri Agama .

Klasifikasinya, jamaah berusia di atas 80 tahun yang akan diprioritaskan berangkat. Karena jika jamaah usia tersebut menunggu lima tahun sampai delapan tahun, ketidakpastiannya tinggi sekali.

Menag menambahkan bahwa pihaknya saat ini tengah mengupayakan efisiensi kuota jamaah haji tahun 2012. Salah satu caranya dengan memisahkan kuota tim petugas haji daerah (TPHD).

“Selama ini kuota bagi petugas haji berjumlah 3.250 orang. Saya meminta agar kuota petugas dipisahkan dari kuota jemaah haji,” ungkapnya.

Melalui efisiensi ini diharapkan ada kursi tambahan yang bisa dialokasikan untuk jamaah lanjut usia. TPHD, kata Menag, menggunakan porsi yang sama dengan jamaah haji, bukan porsi petugas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement