Senin 16 Jan 2012 16:41 WIB

Banjarmasin Segera Bangun Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Purbalingga, salah satu masjid Cheng Ho yang ada di Indonesia, selain di Surabaya, Jawa Timur.
Masjid Cheng Ho Purbalingga, salah satu masjid Cheng Ho yang ada di Indonesia, selain di Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin Kalimantan Selatan segera membangun sebuah Masjid Cheng Ho, berarsitektur China, di kawasan kepariwisataan sungai kota setempat.

Walikota Banjarmasin, Haji Muhidin, bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot setempat, saat meninjau lokasi pembangunan Masjid Cheng Ho di Jalan Pire Tendean Banjarmasin, mengatakan rencana pembangunan itu sudah final.

"Artinya, tahun ini juga sudah mulai dibangun dengan dana awal Rp 1,5 miliar. Dan kemungkinan dana itu lebih besar lagi yang dihimpun dari berbagai sumber. Tetapi bukan dana dari Pemkot setempat," jelas Muhidin, Senin (16/1).

Pemkot Banjarmasin hanya menyediakan lahan. Untuk membangunnya menggunakan dana donatur, terutama dari kalangan kaum muslim Cina yang tergabung dalam anggota Persatuan Iman Tauhid Islam (PITI) setempat. Bentuk masjid gabungan antara ornamen bernuansa Cina dengan Budaya Banjar. Tetapi bentuk dasarnya seperti perahu tambangan, sebuah perahu khas Banjar.

 

Karena berada di tengah lokasi kepariwisataan sungai maka bentuk masjid menyesuaikan, yaitu bentuk perahu. "Sehingga unik dan menarik dan diharapkan bangunan masjid akan menjadi ikon kawasan setempat," kata Muhidin.

Masjid tersebut akan menjadi bagian kepariwisataan sungai dan di wilayah tersebut juga akan dibangun dermaga angkutan kepariwisataan air, menara pantau, monumen Bekantan (kera hidung panjang/Nasalis larvatus), dan fasilitas pariwisata lainnya.

Cheng Ho adalah panglima perang Bangsa Cina yang beragama Islam yang pernah datang ke Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement