Rabu 27 Aug 2014 18:43 WIB

Naskah Alquran dari Melbourne (1)

Kaligrafi Alquran
Foto: Onislam.net
Kaligrafi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Achmad Syalaby Ichsan

Torehan ayat Alquran di sobekan kertas terpajang rapi di dinding. Rangkaian huruf hijaiah di naskah itu tampak menggunakan gaya abad pertengahan.

Meski sudah disarangkan di dalam bingkai yang layak, naskah Alquran tersebut tidak meninggalkan kesan aslinya.

Tampak benar bekas tulisan tangan yang ada pada Alquran klasik itu. Satu-satunya petunjuk tentang lembaran itu dibuat hanya adanya angka 11 dalam tulisan Arab.

Dilansir dari Onislam, awal pekan ini, sobekan lembar kitab suci misterius itu terjual di rumah lelang di Sydney oleh seorang lelaki asal London. Sayangnya, sang pria menolak untuk disebutkan namanya.

Pada awalnya, naskah Alquran tulisan tangan itu dihargai 40 hingga 60 dolar AS. Pelelangan pertama dilakukan Rumah Lelang Bargain Hunt di internet.

Pada penawaran pertama naskah itu langsung ditawar 4.400 dolar Australia. Lima belas menit kemudian, seseorang menawar dengan harga 74 ribu dolar Australia alias 68 ribu dolar AS.

Alquran tersebut terjual di Bargain Hunt di Thornleigh, Sydney. "Kami mendapatkan telepon selama 30 detik dari seorang pria yang berbahagia," ujarnya.

Nilai jual halaman Alquran tersebut telah melampaui barang-barang lain yang dilelang di Rumah Pelelangan Bargain Hunt. Meski demikian, juru lelang Sydney Mark Owen mengungkapkan, halaman tersebut tidak terhias dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement