Rabu 18 Sep 2013 10:49 WIB

Komedian Muslim AS Lawan Islamofobia

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Negin and Dean saat tampil di panggung di Birmingham, AS
Foto: muslimsarecoming.com
Negin and Dean saat tampil di panggung di Birmingham, AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komedian muslim asal Amerika Serikat membuat film dokumenter berjudul The Muslim are Coming (orang muslim datang). Dimulai pada pekan ini, komedian Muslim-Amerika akan tur di AS, menghibur penggemar dengan lawakan terkait Islam untuk melawan Islamofobia dan mempublikasikan film dokumenter. 

Film disutradarai Negin Farsad, warga AS asal Iran dan Dean Obeidallah yang berasal dari Palestina-Italia. Film tersebut diluncurkan pekan lalu di AS. Tur publikasi komedian tersebut akan mendemonstrasikan humor melalui sketsa muslim.

Mereka juga melibatkan komedian non-muslim termasuk Jon Stewart, David Cross, Rachel Maddow, dan Russell Simmons. Dalam wawancara dengan Al-Arabiya, mereka membuat film itu dengan latar belakang pada 2008 saat orang-orang mengira Barack Obama Muslim. "Kata itu mulai digunakan sebagai kata kotor dan itu sangat memprihatinkan," ujarnya. 

Di New York, juga terdapat kontroversi pembangunan masjid. "Itu semua menciptakan lonjakan Islamofobia. Komedi adalah solusi kami untuk masalah ini," ujar mereka yang menyebut dirinya Muzzie Entertainer. 

Mereka membuat stand-up comedy selama beberapa tahun terakhir untuk mengangkat kontra Islamofobia.  "Kami memerangi stereotip dan membuat orang tertawa pada saat yang sama," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement