Ahad 10 Mar 2013 17:37 WIB

Muslim Bradford Bantu Selamatkan Sinagoga Tua

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sinagoga Kuno di Kota Bradford Inggris
Foto: GENUKI.COM
Sinagoga Kuno di Kota Bradford Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, BRADFORD--Komunitas Muslim Bradford tidak tinggal diam melihat kesulitan yang dialami umat Yahudi saat melakukan perbaikan tempat peribadatan mereka. Komunitas Muslim membantu lewat aksi penggalangan dana.

Sekretaris Dewan Masjid Bradford, Zulfi Karim mengatakan umat Islam merasa berkewajiban untuk melestarikan bangunan bersejarah di Bradford, kendati itu adalah sinagoga. Bangunan ini sudah ada dan menjadi satu-satunya Sinagoga yang tersisa di kota ini.

"Kami tentu harus mendukung. Kami bahagia dengan apa yang bisa ambil bagian dalam menjaga satu karya luar biasa," kata dia seperti dikutip The Telegraph and Argus, Ahad (10/3).

Sinagoga Bradford dibangun tahun 1880. Hingga kini, Sinagoga masih difungsikan untuk kegiatan peribadatan Yahudi. Hanya saja, bantuan pemerintah untuk perawatan bangunan menurun.

Mendapat dukungan dari komunitas Muslim, para pemimpin Yahudi Bradford menyambutnya dengan gemira.

"Kontribusi yang diberikan menunjukan tradisi gotong royong, keterlibatan komunal dan harmoni," ungkap Ketua Sinagoga Bradford, Rudi Leavor. Menuru dia, kerjasama ini menjadi sangat berharga bagi kebersamaan antar umat beragama di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement