Sabtu 24 Dec 2011 01:03 WIB

Duh...Masjid Peninggalan Turki Ustmani di Yunani Ambruk

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA--Masjid bersejarah Recep Pasa yang berlokasi di pulau Rodhes, Yunani, runtuh. Penyebabnya, dua dari empat pilar utama penopang bangunan roboh.

 

Arsitek yang bekerja untuk pemerintah kota Rhodes, Kyriakos Magos, mengatakan masjid peninggalan Turki Ustmani itu telah termakan usia. Sebelumnya, sempat ada usaha untuk memperbaiki masjid tersebut namun urung dilakukan lantaran keterbatasan dana.

 

"Pemerintah berencana memperbaiki masjid itu pada tahun 2004 silam, namun, karena kurangnya dana, dan masjid itu tidak menghasilkan pendapatan bagi pemerintah kota lantaran tidak dijadikan objek wisata," kata dia seperti todayszaman, Jum'at (23/12).

 

Magos mengungkap baik Kementerian Kebudayaan Yunani dan Uni Eropa sebenarnya sudah menggelontorkan dana perbaikan. Dana-dana tersebut telah diserahkan kepada lembaga terkait.

 

Baik Kementerian Kebudayaan Yunani maupun Uni Eropa memberikan dukungan keuangan untuk proyek renovasi, Magos mengatakan, meskipun ia diterapkan kepada lembaga-lembaga beberapa kali.

 

Masjid Recep Pasa dibangun pada tahun 1626. Arsitekturnya bergaya Yunani, Turki dan Persia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement