Jumat 11 Jun 2010 06:18 WIB

Pangeran Charles Nilai Islam Ajaran Terbaik dalam Menjaga Lingkungan

Red: irf
Pangeran Charles
Foto: ap
Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD--Pandangan yang menyejukkan tentang Islam dikemukakan Pangeran Charles. Saat memberikan pidato di Sheldonian Theater, Universitas Oxford, Pangeran Charles meminta masyarakat dunia mengikuti ajaran Islam dalam menjaga lingkungan.

Pidato ini disampaikannya dalam acara perayaan 25 tahun Pusat Studi Islam Universitas Oxford. Dalam kesempatan itu dia menjelaskan bahwa Alquran tidak pernah memisahkan manusia dengan alam. "Karena (ajaran Islam) juga menyatakan tidak ada pemisahan antara Tuhan dan alam semesta," kata dia seperti ditulis situs clickgreen.

Ajaran untuk menjaga lingkungan, menurut dia, juga terlihat sangat nyata dalam puisi-puisi Islam maupun karya tulis para ahli. Namun demikian, Pangeran Charles juga mengungkapkan bahwa kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya ditujukan bagi kaum Muslim. Ajaran Kristen maupun Yahudi, kata dia, juga mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.

Tak hanya mengomentari isu lingkungan, dalam kesempatan itu Pangeran Charles juga menekankan pentingnya membangun dialog antara Islam dan dunia Barat. Lewat dialog itu, dia berharap sikap saling pengertian antara Islam dan Barat bisa terbangun lebih baik. Dia akan membantu terjalinnya sikap saling pengertian itu dengan membantu Muslim yang jadi minoritas di Inggris untuk mengintegrasikan diri dengan masyarakat setempat.

sumber : clickgreen
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement