Sabtu 17 Mar 2018 20:44 WIB

Jasa Imigran dalam Syiar Islam di Afrika Selatan

Mereka membangun masjid dan membentuk komunitas Muslim yang kuat.

Masjid Soofi Ladysmith
Foto: sa-venues.com
Masjid Soofi Ladysmith

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Keberadaan masjid di wilayah Afrika Selatan tidak bisa lepas dari peran para imigran dari kawasan Asia Selatan. Para imigran yang kebanyakan dari India dan Pakistan ini mendiami beberapa wilayah di Afrika Selatan dan membentuk komunitas Muslim yang kuat dan membaurkan diri dengan penduduk asli di Afrika Selatan.

Dalam sejarahnya, para pedagang Muslim dari India bermigrasi dan menetap di wilayah Afrika Selatan, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Termasuk seorang ulama, Hazrath Soofi Saheb, yang berasal dari Hyderabad dan memilih menetap di kawasan Kota Ladysmith di Distrik Uthukela, Provinsi Kwazulu-Natal, Afrika Selatan.

Di kawasan ini, ia sebagai pedagang yang juga ulama terkenal mendirikan 12 bangunan masjid. Selain masjid, Hazrath Soofi juga membangun 36 madrasah yang tersebar di berbagai wilayah di Afrika Selatan.

Sosok ulama Hazrath Soofi dianggap sebagai penerus dakwah Syekh Yusuf asal Makassar yang telah memulai dakwah Islam di tanah apartheid ini. Ke-12 masjid dan 36 madrasah ini yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya komunitas India Muslim di Afrika Selatan.

Salah satu masjid yang memiliki sejarah, yang didirikan oleh ulama yang bermigrasi dari India, adalah Masjid Soofi di Kota Ladysmith.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement