Senin 12 Mar 2018 17:18 WIB

Masjid Sancaklar Menyatu dengan Alam

Kanopi panjang satu-satunya elemen arsitektur yang terlihat dari luar.

Masjid Sancaklar, Byukucekmece, Istanbul, Turki
Foto: onislam.net
Masjid Sancaklar, Byukucekmece, Istanbul, Turki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari kejauhan, tak terlihat bangunan masjid yang megah. Tidak juga menara gagah yang menjulang. Masjid Sancaklar terletak di Buyukcekmece, sebuah kawasan pinggiran Istanbul. Terletak di dalam lanskap prairie yang terpisah dari komunitas suburban kota tersibuk di Turki itu oleh jalan raya yang sibuk.

Warna bangunan itu menjadikannya melebur dalam alam, antara topografi bebukitan dan dataran rerumputan. Namun, dari dekat, tembok-tembok tinggi mengelilingi taman pada halaman atas dari masjid menggambarkan batasan jelas antara dunia luar yang ingar-bingar dan suasana tenang dalam tamannya. Kanopi panjang yang merentang dari taman itu menjadi satu-satunya elemen arsitektur yang terlihat dari luar.

Dari jalan dan halaman, satu-satunya bangunan tertutup yang terlihat adalah menara segiempat yang juga dibuat dari batu kayrak. Untuk mencari bangunan masjidnya, Anda harus berjalan menuruni tangga batu slate yang menyambung ke sisi bukit berumput, lalu mengikuti halaman bawah dengan teras kolam air yang menjadikannya kolam pantul. Suara aliran air membantu mengalihkan suara bising di jalan, membungkus ruang luar dalam selimut aura yang menenangkan.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement