Selasa 20 Feb 2018 16:23 WIB

Gunung Bersejarah dalam Kehidupan Rasulullah

Ketiga gunung tersebut kini banyak dikunjungi oleh kaum Muslimin di seluruh dunia.

Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Allah mengutus Muhammad SAW sebagai rahmat bagi semesta alam. Misi utamanya adalah menyempurnakan akhlak manusia. Namun, dalam perjalanannya banyak tantangan dan hambatan yang dialami Rasulullah dalam menjalankan misi mulia tersebut. Bahkan, seringkali nyawanya terancam.

Dalam perjalanan dakwahnya, ada tempat-tempat yang sangat berarti dan bernilai tinggi. Tempat tersebut menjadi saksi betapa beratnya dakwah yang harus diemban Muhammad. Antara lain, tiga gunung atau jabal, yaitu  Jabal Nur, Jabal Tsur, dan Jabal Rahmah.

Ketiga gunung tersebut kini banyak dikunjungi oleh kaum Muslimin di seluruh dunia ketika menjalankan ibadah haji atau umrah. Dengan mengunjungi gunung-gunung tersebut, kaum Muslimin seakan-akan bisa merasakan kehadiran Rasulullah begitu dekat. Rasa cinta pun akan semakin kuat terhadap manusia agung itu. N

Jabal Nur

Di Jabal Nur terdapat sebuah gua yang sangat bersejarah, yaitu Gua Hira. Di gua inilah Rasulullah sering menyepi dan merenung. Hingga akhirnya Allah menurunkan wahyu pertama kenabiannya di gua ini, yaitu Surah al-'Alaq ayat 1 sampai 5, tepatnya pada 17 Ramadhan.

photo
Gunung Jabal Nur.

Ukuran gua tersebut tidak terlalu besar. Pintunya menghadap ke utara (ke Kota Makkah). Untuk memasukinya harus melewati jalan di antara dua batu yang lebarnya sekitar 60 sentimeter. Panjang gua hanya tiga meter, lebarnya sekitar 1,30 meter dengan tinggi sekitar dua meter.

Sedangkan, tinggi puncak Jabal Nur sekitar 200 meter. Di sekelilingnya terdapat sejumlah gunung, bukit, dan jurang.

Jabal Rahmah

Gunung batu ini terletak di bagian timur Padang Arafah di Makkah. Gunung ini menjadi saksi abadi pertemuan Adam dan Hawa setelah ratusan tahun berpisah setelah diturunkan Allah dari surga.

Untuk menuju puncak Jabal Rahmah bisa ditempuh sekitar 15 menit dari dasar bukit. Bukit batu ini berada pada ketinggian kurang lebih 65 meter yang puncaknya menjulang. Di bukit ini terdapat sebuah monumen yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar kurang lebih 1,8 meter dan tingginya 8 meter.

photo
Jabal Rahmah

Di tempat ini Rasulullah menerima wahyu yang terakhir, yaitu Surah al-Maidah ayat 3. Turunnya ayat ini membuat para sahabat bersedih karena mereka merasa akan kehilangan Rasulullah. Dan memang, tak berapa lama kemudian Rasulullah wafat. N

Jabal Tsur

Jabal Tsur atau Gunung Tsur memikiki sejarah tinggi. Di Gua Tsur yang terdapat di gunung ini, Rasulullah pernah bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy saat berhijrah dari Makkah ke Madinah. Saat itu Rasulullah ditemani oleh Abu Bakar Ash Shidiq.

photo
Jabal Tsur

Jabal Tsur memiliki tiga puncak yang bersambungan dan berdekatan. Untuk mendaki gunung ini sampai puncaknya memerlukan waktu sekitar satu jam dengan jalan yang sulit dan berbatu. Gua ini mempunyai dua pintu masuk, keduanya tertulis nama Gua tsur.

Gua ini sangat sempit. Di dalamnya hanya dapat ditempati tiga orang. Di bawah gua terdapat batu besar berbentuk kubah yang dapat dipakai untuk berteduh oleh sekitar 30 orang. Sebagian ahli sejarah memberi nama kubah itu sebagai Qubah Jibril AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement